PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Telekomunikasi berasal dari
kata tele yang berarti jauh dan komunikasi yang memiliki makna proses
interaksi berupa pengiriman dan penerima pesan,baik secara langsung maupun
tidak langsung.artinya,telekomunikasi merupakan proses
pengiriman,pemancaran,atau menerima informasi dalam bentuk
tanda-tanda,isyarat,tulisan,gambar,suara,maupun sistem elektromagnetik.
Pembangunan
ekonomi memasuki era perdagangan bebas, Hal ini menyebabkan persaingan yang
ketat bagi setiap perusahaan.Persaingan yang semakin ketat dan banyaknya
pesaing menempatkan tuntutan pada perusahaan selalu memperhatikan kebutuhan dan
keinginan konsumen, serta berusaha keras untuk mencapainya Memenuhi harapan
konsumen dengan menyediakan produk, harga, dan layanan Promosi yang lebih
memuaskan dari pesaing. Dengan Oleh karena itu, hanya perusahaan berkualitas
tinggi yang dapat bersaing dan mendominasi pasar. Kualitas sangat erat
kaitannya dengan keputusan pembelian. Kualitas adalah kekuatan pendorong untuk
kohesi pelanggan Hubungan yang erat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang,
ikatan seperti ini membuat perusahaan dengan hati-hati memahami harapan
pelanggan Dan kebutuhan mereka.
Kualitas
Pelayanan produk adalah kunci yang paling diperhatikan konsumen Konsumen
membeli produk. Semua orang mengerti pentingnya peran Dimensi produk (kualitas,
desain dan varian produk). Dapat memenuhi harapan pelanggan dalam semua aspek
produk yang dijual pasar. Banyak perusahaan berlomba-lomba agar produknya bisa
menonjol di pasaran pasar. Membuat perusahaan semakin sadar dan percaya Tautan
langsung antara produk dengan ukuran terbaik dan harga Hal ini akan
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Konsumen memiliki Peran penting
perusahaan. Perusahaan harus memahami apa yang dibutuhkannya Dan disukai oleh
konsumen agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis, Dapat mempengaruhi
konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Perkembangan
telekomunikasi saat ini membuat PT. Telekomunikasi Indonesia Berinovasi dan
mengembangkan produknya dimana PT. Telekomunikasi Adalah perusahaan yang
menyediakan berbagai fasilitas komunikasi cukup besar di wilayah Kalimantan
barat,dan mereka cukup mampu Memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang
telekomunikasi Menyediakan pelanggan dengan beberapa layanan (multi-layanan),
yaitu: Layanan suara (telepon), data (Internet). Maka dengan kuantitas yang
dimiliki perusahaan ini maka kualitas layanan,
harga dan iklan yang cocok sehingga mampu memperkuatkan penjualan ke konsumen, memperkuatkan perembesan
ke pasar, dan mampu memenangkan perlawanan
ditengah persaingan industri telekomunikasi yang semakin sengit.
ANALISIS DATA
1.
Karakteristik Responden
- · Jenis Kelamin Responden
Sumber : google form kuesioner 2021
Frekuensi
Responden Laki-Laki sebanyak 54,7% atau setara dengan 29 responden laki-lak.i
Frekuensi
Responden Perempuan sebanyak 45,3% maka secara angka setara dengan 24 responden
perempuan.
- · Usia Responden
lampiran
grafik diatas menunjukan bahwa mayoritas responden yang bersedia mengisi
kuesioner penelitian ini berusia 21 tahun dengan jumlah responden sebanyak 32
orang dari keseluruhan 52 responden.
2. Uji Validitas
- Kualitas Produk (X1)
Pertanyaan |
r hitung |
r tabel |
Validitas |
P1 |
0,452 |
0,225 |
Valid |
P1 |
0,307 |
0,225 |
Valid |
P3 |
0,346 |
0,225 |
Valid |
P4 |
0,617 |
0,225 |
Valid |
P5 |
0,382 |
0,225 |
Valid |
P6 |
0,391 |
0,225 |
Valid |
P7 |
0,439 |
0,225 |
Valid |
- Harga (X2)
Pertanyaan |
r hitung |
r tabel |
Validitas |
P1 |
0,452 |
0,225 |
Valid |
P1 |
0,307 |
0,225 |
Valid |
P3 |
0,346 |
0,225 |
Valid |
P4 |
0,617 |
0,225 |
Valid |
P5 |
0,382 |
0,225 |
Valid |
P6 |
0,439 |
0,225 |
Valid |
- Keputusan Pembelian (Y)
Pertanyaan |
r
hitung |
r
tabel |
Validitas |
P1 |
0,405 |
0,225 |
Valid |
P1 |
0,286 |
0,225 |
Valid |
P3 |
0,315 |
0,225 |
Valid |
P4 |
0,516 |
0,225 |
Valid |
P5 |
0,599 |
0,225 |
Valid |
P6 |
0,366 |
0,225 |
Valid |
P7 |
0,363 |
0,225 |
Valid |
Diketahui
dari ketiga tabel diatas menunjukan bahwa semua pertanyaan kuesioner yang telah
di sebarkan adalah VALID.
3. Uji Regresi
Coefficientsa |
||||||
Model |
Unstandardized
Coefficients |
Standardized
Coefficients |
t |
Sig. |
||
B |
Std.
Error |
Beta |
||||
1 |
(Constant) |
13,569 |
4,620 |
|
2,937 |
,005 |
Kualitas Produk (X1) |
,171 |
,132 |
,161 |
1,295 |
,201 |
|
Harga (X2) |
,497 |
,124 |
,496 |
4,002 |
,000 |
|
a. Dependent Variable: Keputusan Pembelian (Y1) |
Tabel
diatas menunjukan nilai konstanta sebesar 13,569,dan untuk Variabel Kualitas
Produk (x1) sebesar 171 dan variabel Harga (x2) sebesar 0,497.
Model Summary |
||||
Model |
R |
R
Square |
Adjusted
R Square |
Std.
Error of the Estimate |
1 |
,568a |
,322 |
,295 |
1,252 |
a. Predictors: (Constant), Harga (X2), Kualitas Produk (X1) |
Jika
dilihat dari nilai R diatas terdapat angka 0,568 (angka positif),hubungan antara
variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa
Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian
Kartu Telkomsel. semua layanan merupakan produk dari PT.Telkom Indonesia yang
memiliki kualitas dan kecepatan tinggi. Tetapi disisi lain diharapkan PT Telkom
dapat meningkatkan kualitas layanan lebih baik lagi, Apabila kualitas layanan
telkomsel ditingkatkan, hal ini juga dapat meningkatkan penjualan dan nilai
kualitas dimata pesaing perusahaan telekomunikasi lainnya.