Langsung ke konten utama

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA TELKOMSEL

 




PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Telekomunikasi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan komunikasi yang memiliki makna proses interaksi berupa pengiriman dan penerima pesan,baik secara langsung maupun tidak langsung.artinya,telekomunikasi merupakan proses pengiriman,pemancaran,atau menerima informasi dalam bentuk tanda-tanda,isyarat,tulisan,gambar,suara,maupun sistem elektromagnetik.

Pembangunan ekonomi memasuki era perdagangan bebas, Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat bagi setiap perusahaan.Persaingan yang semakin ketat dan banyaknya pesaing menempatkan tuntutan pada perusahaan selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta berusaha keras untuk mencapainya Memenuhi harapan konsumen dengan menyediakan produk, harga, dan layanan Promosi yang lebih memuaskan dari pesaing. Dengan Oleh karena itu, hanya perusahaan berkualitas tinggi yang dapat bersaing dan mendominasi pasar. Kualitas sangat erat kaitannya dengan keputusan pembelian. Kualitas adalah kekuatan pendorong untuk kohesi pelanggan Hubungan yang erat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang, ikatan seperti ini membuat perusahaan dengan hati-hati memahami harapan pelanggan Dan kebutuhan mereka.

Kualitas Pelayanan produk adalah kunci yang paling diperhatikan konsumen Konsumen membeli produk. Semua orang mengerti pentingnya peran Dimensi produk (kualitas, desain dan varian produk). Dapat memenuhi harapan pelanggan dalam semua aspek produk yang dijual pasar. Banyak perusahaan berlomba-lomba agar produknya bisa menonjol di pasaran pasar. Membuat perusahaan semakin sadar dan percaya Tautan langsung antara produk dengan ukuran terbaik dan harga Hal ini akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Konsumen memiliki Peran penting perusahaan. Perusahaan harus memahami apa yang dibutuhkannya Dan disukai oleh konsumen agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis, Dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.

Perkembangan telekomunikasi saat ini membuat PT. Telekomunikasi Indonesia Berinovasi dan mengembangkan produknya dimana PT. Telekomunikasi Adalah perusahaan yang menyediakan berbagai fasilitas komunikasi cukup besar di wilayah Kalimantan barat,dan mereka cukup mampu  Memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang telekomunikasi Menyediakan pelanggan dengan beberapa layanan (multi-layanan), yaitu: Layanan suara (telepon), data (Internet). Maka dengan kuantitas yang dimiliki perusahaan ini maka kualitas layanan, harga dan iklan yang cocok sehingga mampu memperkuatkan penjualan ke konsumen, memperkuatkan perembesan ke pasar, dan mampu memenangkan perlawanan ditengah persaingan industri telekomunikasi yang semakin sengit.



ANALISIS DATA

 

1. Karakteristik Responden

  • ·         Jenis Kelamin Responden




Sumber : google form kuesioner 2021

 

Frekuensi Responden Laki-Laki sebanyak 54,7% atau setara dengan 29 responden laki-lak.i

Frekuensi Responden Perempuan sebanyak 45,3% maka secara angka setara dengan 24 responden perempuan.


  • ·         Usia Responden
                   sumber : google form kuesioner 2021


lampiran grafik diatas menunjukan bahwa mayoritas responden yang bersedia mengisi kuesioner penelitian ini berusia 21 tahun dengan jumlah responden sebanyak 32 orang dari keseluruhan 52 responden.


2. Uji Validitas 

  •   Kualitas Produk (X1)

Pertanyaan

r hitung

r tabel

Validitas

P1

0,452

0,225

Valid

P1

0,307

0,225

Valid

P3

0,346

0,225

Valid

P4

0,617

0,225

Valid

P5

0,382

0,225

Valid

P6

0,391

0,225

Valid

P7

0,439

0,225

Valid









  • Harga (X2)

Pertanyaan

r hitung

r tabel

Validitas

P1

0,452

0,225

Valid

P1

0,307

0,225

Valid

P3

0,346

0,225

Valid

P4

0,617

0,225

Valid

P5

0,382

0,225

Valid

P6

0,439

0,225

Valid







  • Keputusan Pembelian (Y)


Pertanyaan

r hitung

r tabel

Validitas

P1

0,405

0,225

Valid

P1

0,286

0,225

Valid

P3

0,315

0,225

Valid

P4

0,516

0,225

Valid

P5

0,599

0,225

Valid

P6

0,366

0,225

Valid

P7

0,363

0,225

Valid

 

 

Diketahui dari ketiga tabel diatas menunjukan bahwa semua pertanyaan kuesioner yang telah di sebarkan adalah VALID.


3. Uji Regresi


Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

13,569

4,620

 

2,937

,005

Kualitas Produk (X1)

,171

,132

,161

1,295

,201

Harga (X2)

,497

,124

,496

4,002

,000

a. Dependent Variable: Keputusan Pembelian (Y1)

 

Tabel diatas menunjukan nilai konstanta sebesar 13,569,dan untuk Variabel Kualitas Produk (x1) sebesar 171 dan variabel Harga (x2) sebesar 0,497.


 

Model Summary

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

1

,568a

,322

,295

1,252

a. Predictors: (Constant), Harga (X2), Kualitas Produk (X1)

 

Jika dilihat dari nilai R diatas terdapat angka 0,568 (angka positif),hubungan antara variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y.

 

 Kesimpulan

 

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian Kartu Telkomsel. semua layanan merupakan produk dari PT.Telkom Indonesia yang memiliki kualitas dan kecepatan tinggi. Tetapi disisi lain diharapkan PT Telkom dapat meningkatkan kualitas layanan lebih baik lagi, Apabila kualitas layanan telkomsel ditingkatkan, hal ini juga dapat meningkatkan penjualan dan nilai kualitas dimata pesaing perusahaan telekomunikasi lainnya.

 

 












Postingan populer dari blog ini

PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA

 PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA      I. PENDAHULUAN   A.      LATAR BELAKANG Minuman adalah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, tanpa minum air manusia akan kehilangan suatu cairan dalam tubuhnya. Salah satu jenis minuman yang sering digemari oleh masyarakat adalah minuman manis. Dari dulu hingga sekarang kepopuleran dan perkembangan minuman manis terus melesat naik, seperti contohnya; milkshake, es cendol, jus dicampur susu, soda gembira dll. Semakin berkembangnya jaman, perkembangan inovasi dalam bidang kuliner terus memunculkan ide baru. Tren pada bidang kuliner terus mengalami kemajuan seiring dengan bergantinya hari. Tren kuliner yang baru saja muncul dan sudah menjadi viral ke seluruh dunia adalah minuman Boba atau Bubble Milk Tea. Bubble tea atau boba adalah minuman yang asal mulanya dari Taiwan, yang dikenal namanya Zenzhu Naicha yang berbahan dasar bola tapioka disertai campuran susu dan...

Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Pompa Air Merk Sanyo

     Kepercayaan terhadap suatu brand sangat memegang peran penting untuk terciptanya loyalitas konsumen terhadap suatu brand tertentu. Brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen, situasi pasar yang semakin kompetitif saat ini semakin meningkat juga persaingan dan peran pemasaran diantara para produsen. Dengan demikian merk tidak hanya sekedar identitas pada sebuah produk saja. Menurut Ferrinadewi (2008 : 150) brand loyalty adalah kepercayaan konsumen kepada sebuah merk, hanya dapat didapatkan bila pemasar dapat mempertahankan dan menciptakan hubungan emosional serta kepercayaan positif kepada konsumen. Kepercayaan yang terus dipelihara akan menghasilkan loyalitas.      Mengapa penting untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan? Pelanggan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan merk (brand) dalam pasar, loyalitas pelanggan terhadap suatu merk tidak dapat diuji tanpa adanya kepercayaan dan survey dalam melihat p...

Pelajar Dengan Rentang Usia 20-25 Tahun Mendominasi Sebagai Konsumen Segmen Pasar Susu Sapi Karunia

  Susu sapi adalah salah satu alternatif minuman yang sehat dan jika dikonsumsi dapat meningkatkan imun serta menjaga kesehatan tubuh. Pada saat kondisi pandemi ini, manusia perlu meningkatkan daya tahan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin serta kalsium, supaya terhindar dari segala penyakit dan segala virus. Susu Karunia adalah susu sapi segar yang diolah dan disajikan dengan aroma buah buahan serta tidak amis aromanya. Susu ini banyak disukai oleh berbagai macam kalangan dalam masyarakat, mulai dari anak anak hingga kalangan lansia. Susu Karunia didirikan oleh seorang laki laki bernama William, perusahaan susu ini berdiri dikota Solo sejak tahun 2000 yang diawali dengan bisnis kecil kecilan dengan modal seadanya, hingga lama lama mempunyai pelanggan tetap dan laris penjualannya. William mengatakan, sebenarnya perusahaan susu ini sudah ada di Kediri sejak tahun 1996 sebelum akhirnya pindah ke Kota Solo pada tahun 2000. Minuman ...

Analisis Produk Minuman Susu UHT Terhadap Manfaat & Perilaku Pelanggan

    Banyak hal dapat dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidup sehat manusia, mulai dari olah raga secara teratur, menjaga asupan gizi harian dari makanan dan rutin meminum susu. Susu mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan tulang. Susu UHT (Ultra High Temperature) mengandung nutrisi serupa susu perah segar aslinya. Susu perah yang langsung diperah dari hewan ternak tidak dapat bertahan lama dan rentan untuk membawa bakteri berbahaya untuk tubuh manusia, maka dibuatlah susu UHT yang lebih awet jangka waktu ketahanannya.  Susu UHT adalah sebuah susu perah yang dipanaskan pada suhu 135 hingga 150 derajat selama 3 detik, hal ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri yang terdapat pada susu, bisa juga proses pemanasan susu ini disebut dengan proses sterilisasi. Saat ini telah beredar banyak sekali merk susu UHT dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pe...

Laporan Riset Pemasaran Tanaman Hias

I. Pendahuluan                   A. Latar Belakang Usaha Agribisnis tanaman hias saat ini sedang berkembang cukup pesat , tanaman hias tidak hanya berperan sebagai pembangunan sektor pertanian, akan tetapi juga berperan sebagai pembangun sektor agrowisata di Indonesia. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan. Tanaman hias sendiri merupakan tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, diantaranya adalah tanaman bunga ( anggrek, mawar, sedap malam, dan kembang sepatu), tanaman berdaun indah ( anglonema, puring, pucuk merah, siprus). Di Indonesia sendiri minat masyarakat pada tanaman hias cenderung meningkat, bahkan pada saat ini tanaman hias dipakai pada acara seremonialdan rumah menjadi koleksi para pengemar tanaman hias. Untuk tanaman hias yang banyak diminati mas...

Country Report Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Iklim Investasi di Sektor Pariwisata...

Suasana pintu masuk destinasi wisata Bukit Sakura Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Sumber: foto sendiri, 2020. Iklim investasi terdiri dari dua fungsi yaitu fungsi inti serta fungsi pendukung, fungsi inti sebagai hal utama dalam sistem investasi yaitu supply-demand dimana saling berinteraksi membentuk pasar. Sedangkan fungsi pendukung ditargetkan supaya memperkuat interaksi supply dan demand agar dapat mengatasi berbagai tantangan iklim usaha seperti aturan perundang-undangan, kelembagaan, pendukung, dan infrastruktur baik fisik maupun non-fisik. Fungsi inti diharapkan dapat menumbuhkan pemanfaatan sumber sumber ekonomi secara optimal, meluasnya kerja sama pada sistem usaha produksi dan terbentuknya klaster ekonomi. Dengan memperkuat pada fungsi pendukung yaitu iklim usaha, maka diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Untuk melaporkan keadaan yang digunakan investasi atau menginvestasikan usaha di suatu daerah, maka dibutu...

TINGKAT PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE

    Di Indonesia saat ini mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, salah satunya adalah munculnya berbagai platform marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Platform-platform tersebut saling bersaing untuk mendapatkan rating yang baik dalam hal kepuasaan pengguna/konsumen terhadap platform-platform tersebut. Sebelumnya marketplace sendiri adalah  pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Maka dari itu marketplace dapat dikatakan sebagai cara belanja yang simple dan lebih praktis. Selain itu Di Indonesia platform marketplace cukup terkenal karena kemudahan dan kenyaman dalam pengunaannya, dan juga tentunya sistem pembayarannya juga cukup mudah.     Market place itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu, horizontal dan vertical market place.  Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Tokopedia dan Bukalapak masuk ke dalam jenis yang satu...

HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BERBELANJA DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

  A.      PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pada jaman globalisasi yang serba ada ini, pola perilaku konsumtif adalah sebuah kenyataan yang kerap kali melanda kehidupan masyarakat. Gaya hidup dan gaya berpakaian manusia sekarang ini cepat sekali mengalami perubahan yang cukup singkat, seperti contohnya dalam hal cara berpenampilan seseorang seringkali berperilaku konsumtif dan sering mengeluarkan biaya yang banyak (mahal) karena tidak lagi untuk tujuan demi mencukupi kebutuhan saja, akantetapi lebih mengarah pada pemenuhan keinginan. Perkembangan kegiatan industri fashion di seluruh belahan bumi terus mengalami perubahan dan peningkatan setiap tahunnya yang diikuti dengan tren mode terbarunya. Dampak dari perkembangan fashion ini otomatis membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti gaya tren fashion terbaru, bahkan sudah bukan hanya menjadi sebuah tren saja melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk tampil stylish dan trendy. Berbelanja adalah suatu kegi...

Observasi Jalan Tol, Mengapa Orang Rela Membayar Mahal Hanya Karena Untuk Melewati Jalan?

       Jalan tol adalah jalanan yang lebar dan panjang yang dikenal dengan sebutan jalan bebas hambatan di Indonesia. jalan ini dibangun dan digunakan manusia karena bisa mempersingkat waktu tempuh untuk menuju suatu tempat yang jauh. Untuk jenis kendaraan yang diijinkan melaju dijalan tol ini adalah kendaraan mobil, bus, truk, dan semua kendaraan bermotor yang minimal mempunyai roda 4. Penggunaan jalan tol tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengendara kendaraan bermotor di Indonesia, jalan ini sudah populer dan terkenal nyaman dan memberikan banyak fasilitas bagi pengendara.      Jalan tol merupakan jalan yang memiliki arti singkatan tax on location, dimana jalan ini adalah jalan semacam freeway, highway dan expressway jika dilihat dari negara lain seperti Amerika, Australia dan Rusia. Jalan tol adalah jalur alternative untuk mempermudah orang dalam berpergian antara suatu kota menuju kota lain, tol adalah sebutan bahasa inggris dari toll dimana...

Pengaruh Pembelian Kopi Janji Jiwa Terhadap Gaya Hidup Konsumen

  Gaya hidup adalah gambaran mengenai tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditujukan dari bagaimana aktivitas seseorang terhadap ketertarikan dan minat yang mereka pikirkan mengenai diri sendiri hingga menimbulkan perbedaan status sosial dari orang lain atau lingkungan melalui symbol symbol yang mereka miliki. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari hari segolongan manusia dalam masyarakat. Kopi adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1600 mdpl, kopi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan dimasyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk. Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan beragamnya nutrisi, seperti; meningkatkan fungi otak, membantu membakar lemak, menjaga kesehatan hati, membantu melawan depresi, dan meningkatkan kapasitas kinerja fisik dimana dapat menghilangkan ngantuk ser...