Susu
sapi adalah salah satu alternatif minuman yang sehat dan jika dikonsumsi dapat
meningkatkan imun serta menjaga kesehatan tubuh. Pada saat kondisi pandemi ini,
manusia perlu meningkatkan daya tahan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi
makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin serta kalsium, supaya
terhindar dari segala penyakit dan segala virus.
Susu
Karunia adalah susu sapi segar yang diolah dan disajikan dengan aroma buah
buahan serta tidak amis aromanya. Susu ini banyak disukai oleh berbagai macam kalangan
dalam masyarakat, mulai dari anak anak hingga kalangan lansia. Susu Karunia
didirikan oleh seorang laki laki bernama William, perusahaan susu ini berdiri
dikota Solo sejak tahun 2000 yang diawali dengan bisnis kecil kecilan dengan
modal seadanya, hingga lama lama mempunyai pelanggan tetap dan laris
penjualannya. William mengatakan, sebenarnya perusahaan susu ini sudah ada di
Kediri sejak tahun 1996 sebelum akhirnya pindah ke Kota Solo pada tahun 2000.
Minuman susu sapi segar beraroma buah buahan ini mempunyai tujuh varian rasa
yaitu; melon, vanilla, strawberry, cokelat, mocca, durian, dan anggur.
Para
konsumen dalam melakukan kegiatan pasar, umumnya memiliki perbedaan antara satu
dengan yang lainnya, baik dari segi perilaku, kebiasaan membeli, motif
pembelian, serta sifat dari konsumen tersebut. Segmentasi pasar merupakan
kelompok besar yang dapat dikelompokkan dalam sebuah pasar sesuai daya beli,
keinginan, lokasi geografis serta perilaku pembeli serupa. Menurut Rismiati dan
Suratno (2001:90) menyatakan kalau segmentasi pasar usaha dalam pemisahan pasar
kepada kelompok kelompok pembeli berdasarkan jenis jenis produk tertentu dan yang
memperlukan pembauran pemasaran khusus. Oleh karena itu penelitian segmentasi
pasar ini memiliki tujuan untuk membagi keseluruhan pasar menjadi kedalam
beberapa grup yang memiliki karakteristik yang sama berdasarkan aspek variabel;
demographic, psychographic.
Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat 30 orang responden yang sudah mengisikan kuesioner, yang kemudian diolah dan menjadi riset segmentasi pasar. Jadi variabel yang digunakan untuk mengelompokkan segmentasi pasar penelitian ini ada 2 yaitu variabel demografi dan variabel psikografi, berikut data datanya:
Aspek Demografi
Berdasarkan data pada diagram diatas, rentang usia konsumen yang mengkonsumsi susu karunia adalah responden yang memiliki rentang usia 20 hingga 25 tahun dengan persentase sebesar 40% dan jumlah 12 orang, lalu diurutan kedua adalah konsumen dengan rentang usia 14 hingga 19 tahun dengan persentase 36% dan jumlah 11 orang responden.
Aspek Psikografi
Melalui diagram diatas dapat diketahui bahwa, 33% dari jumlah responden sebesar 10 orang memiliki motif mengkonsumsi susu sapi segar Karunia karena badan menjadi segar, sedangkan 30% dengan jumlah responden sebesar 9 orang, memiliki motif membeli susu bermerk Karunia karena kebutuhan akan kalsium dan vitamin menjadi terpenuhi, kemudian dengan persentase 27% dengan jumlah responden sebesar 8 orang membeli susu Karunia motifnya karena mencari praktis dan simple, lalu sisanya dengan persentase 10% dengan jumlah responden sebesar 3 orang, membeli dan mengkonsumsi susu Karunia memiliki motif karena gaya hidup.
Tabel Segmentasi Pasar
Main
Category |
Segmentation
Base |
Example |
Demographic |
Gender |
Laki laki, Perempuan |
|
Occupation |
Pelajar, Karyawan
swasta, Tenaga pendidikan, Karyawan negeri |
|
Age
|
14-19
Tahun 20-25
Tahun 26-31
Tahun 32-36
Tahun 37-45
Tahun |
|
|
|
Psychographic |
Lifestyle |
Harga terjangkau, Menjaga kesehatan
tubuh, Kualitas terjamin, Tuntutan tren |
|
Motive |
Badan menjadi segar, Kebutuhan akan kalsium
dan vitamin, gaya hidup, praktis & simple |
Berdasarkan tabel diatas, terdapat pengelompokkan segmen konsumen dan pasar berdasarkan dua variabel yaitu demografi dan psikografi. Dari variabel demografi, segmentasi pasar dikategorikan pada jenis kelamin, pekerjaan, dan usia konsumen. Jika dikelompokkan kedalam dasar segmentasi, segmen konsumen berdasarkan gender dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu; laki laki dan perempuan, segmen konsumen berdasarkan pekerjaan dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu; pelajar, karyawan swasta, tenaga pendidikan, dan karyawan negeri. Segmen konsumen berdasarkan rentang usia dibagi menjadi 5 jenis yaitu; 14-19 Tahun, 20-25 Tahun, 26-31 Tahun, 32-36 Tahun, 37-45 Tahun. Dari variabel psikografi, segmentasi pasar dikategorikan pada lifestyle dan motive. Segmen konsumen berdasarkan gaya hidup (lifestyle) dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu; harga terjangkau, menjaga kesehatan tubuh, kualitas terjamin, dan karena tuntutan tren. Segmen konsumen berdasarkan motif pembelian dibagi menjadi 4 jenis yaitu; Badan menjadi segar, Kebutuhan akan kalsium dan vitamin, gaya hidup, karena praktis dan simple.
Struktur Pohon Segmentasi
Berdasarkan
struktur segmentasi pohon diatas, lima segmen berbeda telah dibuat untuk
menerapkan variabel segmentasi demografi dan psikografi. Pada variabel demografi,
segmen konsumen dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia dan pekerjaan.
Pada variabel psikografi, segmen konsumen dikelompokkan berdasarkan lifestyle
dan motif
Pelajar
berusia 14 hingga 25 tahun meminum susu untuk menjaga kesehatan tubuh dan
supaya badan menjadi segar
Karyawan
swasta, Tenaga pendidikan dan Karyawan negeri berusia 26 hingga 45 tahun
meminum susu untuk menjaga kesehatan tubuh dan badan menjadi segar.
Kesimpulan
Tabel
Kriteria Evaluasi
Kriteria Evaluasi |
Penilaian |
Homogen |
Segmen
mempunyai kebutuhan yang serupa |
Heterogen |
Pekerjaan,
Usia, dan Gender bervariasi menyesuaikan responden yang mengisi jawaban |
Terukur |
Penelitian
ini dapat dimanfaatkan |
Praktis
dapat ditindaklanjuti |
Perusahaan
mempunyai kemampuan untuk memasarkan setiap segmen atas produk produknya |
Responsif |
Setiap
segmen pasar dapat direspons pemasarannya dengan baik |
Dari
data dan diagram diatas, dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian
mengenai segmentasi pasar bahwa, mayoritas konsumen dengan persentase 87% sudah
pernah membeli dan mengkonsumsi produk Susu Karunia, untuk segmentasi pasar
dari sisi variabel demografis, pelajar laki laki dengan rentang usia 20 hingga
25 tahun mendominasi sebagai konsumen Susu sapi Karunia yang mempunyai alasan
dan motive yang dapat dilihat dalam variabel psikografi yaitu dengan alasan untuk
menjaga kesehatan tubuh dan motif membeli susu agar membuat badan menjadi
segar. Berdasarkan data pada tabel kriteria evaluasi, data yang didapatkan
mempunyai segmen kriteria homogen dan heterogen. Dari segi homogennnya, segmen
konsumen mempunyai satu tujuan kebutuhan yang sama dari segi lifestyle dan
motive, sedangkan dari segi heterogennya, segmen konsumen mempunyai beberapa
kelompok, yaitu; berdasarkan usia, gender dan pekerjaan. Penelitian ini dapat
dimanfaatkan perusahaan untuk melihat kategori konsumen yang akan
disegmentasikan, selain itu peneliti juga melihat praktis yang dapat
ditindaklanjuti dalam kegiatan perusahaan susu Karunia dalam memasarkan setiap
segmen atas produknya, lalu setiap segmen pasar dapat diterima konsumen dengan
baik.
Jadi segmentasi pasar untuk produk Susu sapi segar bermerk Karunia ini memiliki segmen pasar konsumen yang homogen.
Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021
Referensi:
https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-tentukan-segmentasi-pasar/
https://core.ac.uk/download/pdf/25486358.pdf