Langsung ke konten utama

Pelajar Dengan Rentang Usia 20-25 Tahun Mendominasi Sebagai Konsumen Segmen Pasar Susu Sapi Karunia

 


Susu sapi adalah salah satu alternatif minuman yang sehat dan jika dikonsumsi dapat meningkatkan imun serta menjaga kesehatan tubuh. Pada saat kondisi pandemi ini, manusia perlu meningkatkan daya tahan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin serta kalsium, supaya terhindar dari segala penyakit dan segala virus.

Susu Karunia adalah susu sapi segar yang diolah dan disajikan dengan aroma buah buahan serta tidak amis aromanya. Susu ini banyak disukai oleh berbagai macam kalangan dalam masyarakat, mulai dari anak anak hingga kalangan lansia. Susu Karunia didirikan oleh seorang laki laki bernama William, perusahaan susu ini berdiri dikota Solo sejak tahun 2000 yang diawali dengan bisnis kecil kecilan dengan modal seadanya, hingga lama lama mempunyai pelanggan tetap dan laris penjualannya. William mengatakan, sebenarnya perusahaan susu ini sudah ada di Kediri sejak tahun 1996 sebelum akhirnya pindah ke Kota Solo pada tahun 2000. Minuman susu sapi segar beraroma buah buahan ini mempunyai tujuh varian rasa yaitu; melon, vanilla, strawberry, cokelat, mocca, durian, dan anggur.

Para konsumen dalam melakukan kegiatan pasar, umumnya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, baik dari segi perilaku, kebiasaan membeli, motif pembelian, serta sifat dari konsumen tersebut. Segmentasi pasar merupakan kelompok besar yang dapat dikelompokkan dalam sebuah pasar sesuai daya beli, keinginan, lokasi geografis serta perilaku pembeli serupa. Menurut Rismiati dan Suratno (2001:90) menyatakan kalau segmentasi pasar usaha dalam pemisahan pasar kepada kelompok kelompok pembeli berdasarkan jenis jenis produk tertentu dan yang memperlukan pembauran pemasaran khusus. Oleh karena itu penelitian segmentasi pasar ini memiliki tujuan untuk membagi keseluruhan pasar menjadi kedalam beberapa grup yang memiliki karakteristik yang sama berdasarkan aspek variabel; demographic, psychographic.

Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat 30 orang responden yang sudah mengisikan kuesioner, yang kemudian diolah dan menjadi riset segmentasi pasar. Jadi variabel yang digunakan untuk mengelompokkan segmentasi pasar penelitian ini ada 2 yaitu variabel demografi dan variabel psikografi, berikut data datanya:

Aspek Demografi


Berdasarkan diagram diatas, didapatkan data jenis kelamin konsumen yang mengkonsumsi Susu Karunia berjumlah laki laki sebesar 73% sebanyak 22 orang dan responden perempuan sebesar 27% sebanyak 8 orang.

 
Berdasarkan data pada diagram diatas, lebih dari 50% konsumen yang mengkonsumsi Susu Karunia memiliki pekerjaan sebagai pelajar dengan persentase sebanyak 60% dengan 18 orang responden yang menjawab kuesioner, lalu persentase 13% dengan 4 orang responden mempunyai pekerjaan sebagai karyawan swasta, dengan persentase 20% dengan 6 orang responden memiliki pekerjaan sebagai tenaga pendidikan dan yang terakhir dengan persentase 7% dengan 2 orang responden memiliki pekerjaan sebagai karyawan negeri.


Berdasarkan data pada diagram diatas, rentang usia konsumen yang mengkonsumsi susu karunia adalah responden yang memiliki rentang usia 20 hingga 25 tahun dengan persentase sebesar 40% dan jumlah 12 orang, lalu diurutan kedua adalah konsumen dengan rentang usia 14 hingga 19 tahun dengan persentase 36% dan jumlah 11 orang responden.

Aspek Psikografi


Berdasarkan pada diagram diatas didapatkan data bahwa, 87% konsumen dengan jumlah 26 orang, pernah membeli atau mengkonsumsi dan mengenal susu sapi segar bermerk Karunia, lalu pada persentase 13% dengan jumlah 4 orang reponden tidak pernah membeli atau mengkonsumsi Susu Karunia.
 

Dari diagram diatas didapatkan data responden bahwa, 43% dari jumlah responden sebesar 13 orang mengkonsumsi susu sapi segar Karunia karena menjaga kesehatan tubuh, sedangkan 27% dengan jumlah responden sebesar 8 orang, memiliki alasan karena harganya terjangkau, kemudian dengan persentase 20% dengan jumlah responden sebesar 6 orang membeli susu Karunia karena memiliki alasan kualitas produknya terjamin, lalu sisanya dengan persentase 10% dengan jumlah responden sebesar 3 orang, membeli dan mengkonsumsi susu Karunia memiliki alasan karena tuntutan tren minum susu.
 

Melalui diagram diatas dapat diketahui bahwa, 33% dari jumlah responden sebesar 10 orang memiliki motif mengkonsumsi susu sapi segar Karunia karena badan menjadi segar, sedangkan 30% dengan jumlah responden sebesar 9 orang, memiliki motif membeli susu bermerk Karunia karena kebutuhan akan kalsium dan vitamin menjadi terpenuhi, kemudian dengan persentase 27% dengan jumlah responden sebesar 8 orang membeli susu Karunia motifnya karena mencari praktis dan simple, lalu sisanya dengan persentase 10% dengan jumlah responden sebesar 3 orang, membeli dan mengkonsumsi susu Karunia memiliki motif karena gaya hidup.


Tabel Segmentasi Pasar 

Main Category

Segmentation Base

Example

Demographic

Gender

Laki laki, Perempuan

 

Occupation

Pelajar, Karyawan swasta, Tenaga pendidikan, Karyawan negeri

 

Age

14-19 Tahun

20-25 Tahun

26-31 Tahun

32-36 Tahun

37-45 Tahun

 

 

 


Psychographic

Lifestyle

Harga terjangkau, Menjaga kesehatan tubuh, Kualitas terjamin, Tuntutan tren

 

Motive

Badan menjadi segar, Kebutuhan akan kalsium dan vitamin, gaya hidup, praktis & simple

Berdasarkan tabel diatas, terdapat pengelompokkan segmen konsumen dan pasar berdasarkan dua variabel yaitu demografi dan psikografi. Dari variabel demografi, segmentasi pasar dikategorikan pada jenis kelamin, pekerjaan, dan usia konsumen. Jika dikelompokkan kedalam dasar segmentasi, segmen konsumen berdasarkan gender dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu; laki laki dan perempuan, segmen konsumen berdasarkan pekerjaan dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu; pelajar, karyawan swasta, tenaga pendidikan, dan karyawan negeri. Segmen konsumen berdasarkan rentang usia dibagi menjadi 5 jenis yaitu; 14-19 Tahun, 20-25 Tahun, 26-31 Tahun, 32-36 Tahun, 37-45 Tahun. Dari variabel psikografi, segmentasi pasar dikategorikan pada lifestyle dan motive. Segmen konsumen berdasarkan gaya hidup (lifestyle) dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu; harga terjangkau, menjaga kesehatan tubuh, kualitas terjamin, dan karena tuntutan tren. Segmen konsumen berdasarkan motif pembelian dibagi menjadi 4 jenis yaitu; Badan menjadi segar, Kebutuhan akan kalsium dan vitamin, gaya hidup, karena praktis dan simple.

Struktur Pohon Segmentasi

 

Berdasarkan struktur segmentasi pohon diatas, lima segmen berbeda telah dibuat untuk menerapkan variabel segmentasi demografi dan psikografi. Pada variabel demografi, segmen konsumen dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia dan pekerjaan. Pada variabel psikografi, segmen konsumen dikelompokkan berdasarkan lifestyle dan motif

Pelajar berusia 14 hingga 25 tahun meminum susu untuk menjaga kesehatan tubuh dan supaya badan menjadi segar

Karyawan swasta, Tenaga pendidikan dan Karyawan negeri berusia 26 hingga 45 tahun meminum susu untuk menjaga kesehatan tubuh dan badan menjadi segar.


Kesimpulan


Tabel Kriteria Evaluasi

Kriteria Evaluasi

Penilaian

Homogen

Segmen mempunyai kebutuhan yang serupa

Heterogen

Pekerjaan, Usia, dan Gender bervariasi menyesuaikan responden yang mengisi jawaban

Terukur

Penelitian ini dapat dimanfaatkan

Praktis dapat ditindaklanjuti

Perusahaan mempunyai kemampuan untuk memasarkan setiap segmen atas produk produknya

Responsif

Setiap segmen pasar dapat direspons pemasarannya dengan baik

 

Dari data dan diagram diatas, dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian mengenai segmentasi pasar bahwa, mayoritas konsumen dengan persentase 87% sudah pernah membeli dan mengkonsumsi produk Susu Karunia, untuk segmentasi pasar dari sisi variabel demografis, pelajar laki laki dengan rentang usia 20 hingga 25 tahun mendominasi sebagai konsumen Susu sapi Karunia yang mempunyai alasan dan motive yang dapat dilihat dalam variabel psikografi yaitu dengan alasan untuk menjaga kesehatan tubuh dan motif membeli susu agar membuat badan menjadi segar. Berdasarkan data pada tabel kriteria evaluasi, data yang didapatkan mempunyai segmen kriteria homogen dan heterogen. Dari segi homogennnya, segmen konsumen mempunyai satu tujuan kebutuhan yang sama dari segi lifestyle dan motive, sedangkan dari segi heterogennya, segmen konsumen mempunyai beberapa kelompok, yaitu; berdasarkan usia, gender dan pekerjaan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melihat kategori konsumen yang akan disegmentasikan, selain itu peneliti juga melihat praktis yang dapat ditindaklanjuti dalam kegiatan perusahaan susu Karunia dalam memasarkan setiap segmen atas produknya, lalu setiap segmen pasar dapat diterima konsumen dengan baik.

Jadi segmentasi pasar untuk produk Susu sapi segar bermerk Karunia ini memiliki segmen pasar konsumen yang homogen. 

Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021

Referensi: 

https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-tentukan-segmentasi-pasar/

https://core.ac.uk/download/pdf/25486358.pdf  


Postingan populer dari blog ini

PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA

 PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA      I. PENDAHULUAN   A.      LATAR BELAKANG Minuman adalah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, tanpa minum air manusia akan kehilangan suatu cairan dalam tubuhnya. Salah satu jenis minuman yang sering digemari oleh masyarakat adalah minuman manis. Dari dulu hingga sekarang kepopuleran dan perkembangan minuman manis terus melesat naik, seperti contohnya; milkshake, es cendol, jus dicampur susu, soda gembira dll. Semakin berkembangnya jaman, perkembangan inovasi dalam bidang kuliner terus memunculkan ide baru. Tren pada bidang kuliner terus mengalami kemajuan seiring dengan bergantinya hari. Tren kuliner yang baru saja muncul dan sudah menjadi viral ke seluruh dunia adalah minuman Boba atau Bubble Milk Tea. Bubble tea atau boba adalah minuman yang asal mulanya dari Taiwan, yang dikenal namanya Zenzhu Naicha yang berbahan dasar bola tapioka disertai campuran susu dan...

Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Pompa Air Merk Sanyo

     Kepercayaan terhadap suatu brand sangat memegang peran penting untuk terciptanya loyalitas konsumen terhadap suatu brand tertentu. Brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen, situasi pasar yang semakin kompetitif saat ini semakin meningkat juga persaingan dan peran pemasaran diantara para produsen. Dengan demikian merk tidak hanya sekedar identitas pada sebuah produk saja. Menurut Ferrinadewi (2008 : 150) brand loyalty adalah kepercayaan konsumen kepada sebuah merk, hanya dapat didapatkan bila pemasar dapat mempertahankan dan menciptakan hubungan emosional serta kepercayaan positif kepada konsumen. Kepercayaan yang terus dipelihara akan menghasilkan loyalitas.      Mengapa penting untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan? Pelanggan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan merk (brand) dalam pasar, loyalitas pelanggan terhadap suatu merk tidak dapat diuji tanpa adanya kepercayaan dan survey dalam melihat p...

Analisis Produk Minuman Susu UHT Terhadap Manfaat & Perilaku Pelanggan

    Banyak hal dapat dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidup sehat manusia, mulai dari olah raga secara teratur, menjaga asupan gizi harian dari makanan dan rutin meminum susu. Susu mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan tulang. Susu UHT (Ultra High Temperature) mengandung nutrisi serupa susu perah segar aslinya. Susu perah yang langsung diperah dari hewan ternak tidak dapat bertahan lama dan rentan untuk membawa bakteri berbahaya untuk tubuh manusia, maka dibuatlah susu UHT yang lebih awet jangka waktu ketahanannya.  Susu UHT adalah sebuah susu perah yang dipanaskan pada suhu 135 hingga 150 derajat selama 3 detik, hal ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri yang terdapat pada susu, bisa juga proses pemanasan susu ini disebut dengan proses sterilisasi. Saat ini telah beredar banyak sekali merk susu UHT dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pe...

Laporan Riset Pemasaran Tanaman Hias

I. Pendahuluan                   A. Latar Belakang Usaha Agribisnis tanaman hias saat ini sedang berkembang cukup pesat , tanaman hias tidak hanya berperan sebagai pembangunan sektor pertanian, akan tetapi juga berperan sebagai pembangun sektor agrowisata di Indonesia. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan. Tanaman hias sendiri merupakan tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, diantaranya adalah tanaman bunga ( anggrek, mawar, sedap malam, dan kembang sepatu), tanaman berdaun indah ( anglonema, puring, pucuk merah, siprus). Di Indonesia sendiri minat masyarakat pada tanaman hias cenderung meningkat, bahkan pada saat ini tanaman hias dipakai pada acara seremonialdan rumah menjadi koleksi para pengemar tanaman hias. Untuk tanaman hias yang banyak diminati mas...

Country Report Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Iklim Investasi di Sektor Pariwisata...

Suasana pintu masuk destinasi wisata Bukit Sakura Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Sumber: foto sendiri, 2020. Iklim investasi terdiri dari dua fungsi yaitu fungsi inti serta fungsi pendukung, fungsi inti sebagai hal utama dalam sistem investasi yaitu supply-demand dimana saling berinteraksi membentuk pasar. Sedangkan fungsi pendukung ditargetkan supaya memperkuat interaksi supply dan demand agar dapat mengatasi berbagai tantangan iklim usaha seperti aturan perundang-undangan, kelembagaan, pendukung, dan infrastruktur baik fisik maupun non-fisik. Fungsi inti diharapkan dapat menumbuhkan pemanfaatan sumber sumber ekonomi secara optimal, meluasnya kerja sama pada sistem usaha produksi dan terbentuknya klaster ekonomi. Dengan memperkuat pada fungsi pendukung yaitu iklim usaha, maka diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Untuk melaporkan keadaan yang digunakan investasi atau menginvestasikan usaha di suatu daerah, maka dibutu...

TINGKAT PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE

    Di Indonesia saat ini mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, salah satunya adalah munculnya berbagai platform marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Platform-platform tersebut saling bersaing untuk mendapatkan rating yang baik dalam hal kepuasaan pengguna/konsumen terhadap platform-platform tersebut. Sebelumnya marketplace sendiri adalah  pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Maka dari itu marketplace dapat dikatakan sebagai cara belanja yang simple dan lebih praktis. Selain itu Di Indonesia platform marketplace cukup terkenal karena kemudahan dan kenyaman dalam pengunaannya, dan juga tentunya sistem pembayarannya juga cukup mudah.     Market place itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu, horizontal dan vertical market place.  Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Tokopedia dan Bukalapak masuk ke dalam jenis yang satu...

HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BERBELANJA DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

  A.      PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pada jaman globalisasi yang serba ada ini, pola perilaku konsumtif adalah sebuah kenyataan yang kerap kali melanda kehidupan masyarakat. Gaya hidup dan gaya berpakaian manusia sekarang ini cepat sekali mengalami perubahan yang cukup singkat, seperti contohnya dalam hal cara berpenampilan seseorang seringkali berperilaku konsumtif dan sering mengeluarkan biaya yang banyak (mahal) karena tidak lagi untuk tujuan demi mencukupi kebutuhan saja, akantetapi lebih mengarah pada pemenuhan keinginan. Perkembangan kegiatan industri fashion di seluruh belahan bumi terus mengalami perubahan dan peningkatan setiap tahunnya yang diikuti dengan tren mode terbarunya. Dampak dari perkembangan fashion ini otomatis membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti gaya tren fashion terbaru, bahkan sudah bukan hanya menjadi sebuah tren saja melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk tampil stylish dan trendy. Berbelanja adalah suatu kegi...

Observasi Jalan Tol, Mengapa Orang Rela Membayar Mahal Hanya Karena Untuk Melewati Jalan?

       Jalan tol adalah jalanan yang lebar dan panjang yang dikenal dengan sebutan jalan bebas hambatan di Indonesia. jalan ini dibangun dan digunakan manusia karena bisa mempersingkat waktu tempuh untuk menuju suatu tempat yang jauh. Untuk jenis kendaraan yang diijinkan melaju dijalan tol ini adalah kendaraan mobil, bus, truk, dan semua kendaraan bermotor yang minimal mempunyai roda 4. Penggunaan jalan tol tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengendara kendaraan bermotor di Indonesia, jalan ini sudah populer dan terkenal nyaman dan memberikan banyak fasilitas bagi pengendara.      Jalan tol merupakan jalan yang memiliki arti singkatan tax on location, dimana jalan ini adalah jalan semacam freeway, highway dan expressway jika dilihat dari negara lain seperti Amerika, Australia dan Rusia. Jalan tol adalah jalur alternative untuk mempermudah orang dalam berpergian antara suatu kota menuju kota lain, tol adalah sebutan bahasa inggris dari toll dimana...

Pengaruh Pembelian Kopi Janji Jiwa Terhadap Gaya Hidup Konsumen

  Gaya hidup adalah gambaran mengenai tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditujukan dari bagaimana aktivitas seseorang terhadap ketertarikan dan minat yang mereka pikirkan mengenai diri sendiri hingga menimbulkan perbedaan status sosial dari orang lain atau lingkungan melalui symbol symbol yang mereka miliki. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari hari segolongan manusia dalam masyarakat. Kopi adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1600 mdpl, kopi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan dimasyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk. Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan beragamnya nutrisi, seperti; meningkatkan fungi otak, membantu membakar lemak, menjaga kesehatan hati, membantu melawan depresi, dan meningkatkan kapasitas kinerja fisik dimana dapat menghilangkan ngantuk ser...