Gaya hidup adalah
gambaran mengenai tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditujukan dari
bagaimana aktivitas seseorang terhadap ketertarikan dan minat yang mereka
pikirkan mengenai diri sendiri hingga menimbulkan perbedaan status sosial dari
orang lain atau lingkungan melalui symbol symbol yang mereka miliki. Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari
hari segolongan manusia dalam masyarakat.
Kopi adalah salah satu
tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1600 mdpl, kopi sudah
menjadi kebutuhan dalam kehidupan dimasyarakat, mulai dari kalangan remaja
hingga orang tua. Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah
disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk. Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh
manusia dengan beragamnya nutrisi, seperti; meningkatkan fungi otak, membantu
membakar lemak, menjaga kesehatan hati, membantu melawan depresi, dan
meningkatkan kapasitas kinerja fisik dimana dapat menghilangkan ngantuk serta
lelah. Seiring dengan berjalannya dan berkembangnya jaman, dahulu kopi yang
hanya dinikmati untuk menahan ngantuk dan bermanfaat bagi tubuh manusia, kini
meminum kopi merupakan suatu gaya hidup, apalagi jika meminum kopi dari brand
brand terkenal seperti Starbuck, Janji Jiwa, Kopi Kenangan, dll.
Pada awalnya pembelian
kopi bermerk seperti kopi Janji jiwa oleh konsumen merupakan adanya suatu
kebutuhan konsumsi saja, kebutuhan konsumsi timbul karena adanya rasa ingin
tahu mengenai rasa dari minuman kopi bermerk tersebut, lama kelamaan kebutuhan
konsumsi ini berubah menjadi gaya hidup yang wajib terpenuhi, munculnya
kebutuhan akan gaya hidup ini muncul karena terdapat perbedaan antara keadaan
yang dirasakan dengan apa yang diharapkan nantinya, seperti mendapat pujian
dari orang lain karena membeli minuman bermerk mahal.
Tujuan dari penelitian riset pasar ini adalah
melihat keputusan pelanggan dalam pembelian produk kopi Janji Jiwa terhadap
gaya hidup. Data ini didapatkan atas pendapat 32 orang yang sudah mengisikan
kuesioner, berikut diagramnya;
Dari data pada diagram diatas, didapatkan data jumlah reponden, responden laki laki sebesar 75% sebanyak 24 orang, sedangkan untuk responden perempuan didapatkan data sebesar 25% sebanyak 8 orang. Karakteristik dalam penelitian ini, mayoritas responden didominasi oleh jenis kelamin laki laki.
Berdasarkan data pada diagram diatas, rentang usia responden yang mengisikan kuesioner ini adalah; responden yang berumur 13-20 tahun sebanyak 68% 21 orang, lalu yang berumur 21-32 tahun sebanyak 22% 7 orang, lalu responden yang memiliki rentang usia 33-45 tahun sebanyak 12% 4 orang.
Dalam penelitian ini,
ketika responden ditanya apakah sudah pernah mencoba minuman kopi brand Janji
Jiwa, mayoritas responden memiliki karakteristik bahwa sudah pernah mencoba
brand minuman tersebut dengan persentase 84% sebanyak 27 orang.
Didapatkan data pada diagram diatas bahwa, merk minuman kopi yang sering dikonsumsi oleh konsumen adalah kopi Janji Jiwa, dimana mempunyai persentase tertinggi yaitu 34% dengan 11 orang yang menjawab, diurutan kedua disusul oleh produk brand Kopi Kenangan dengan persentase 28% dengan 9 orang yang menjawab, diurutkan ketiga ditempati oleh produk dengan brand Excelso dengan persentase 22% dengan 7 orang responden yang menjawab, lalu pada urutan terakhir, produk minuman kopi yang lumayan sedikit dikonsumsi oleh konsumen karena mungkin harganya yang mahal yaitu Starbuck, dengan persentase 16% dan 5 orang responden yang menjawab.
Pada diagram diatas terdapat persentase alasan
konsumen mengkonsumsi kopi yang dibuat oleh brand Janji Jiwa, mayoritas
responden menjawab (38% 12 orang) karena mengikuti tren terbaru, lalu pilihan
diurutan kedua responden menjawab minuman kopi yang sudah jadi dan bermerk
karena simple dan praktis dengan persentase 28% sebanyak 9 orang responden,
kemudian karena harga yang terjangkau (dengan persentase 22% dan 7 orang
responden yang memilih), 9% dan 3 orang menjawab karena faktor rekomendasi dari
teman dan sisanya terakhir dengan persentase 3% dengan satu orang responden
menjawab karena demi kesehatan makanya konsumen mengkonsumsi kopi.
Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, pengaruh bagi konsumen dalam pembelian Kopi Janji Jiwa, dapat dilihat bahwa mayoritas responden menjawab tubuh menjadi fresh setelah meminum kopi tersebut dengan persentase tertinggi yaitu 62% dengan jumlah sebanyak 20 orang, lalu pengaruh pembelian kedua bagi responden adalah untuk menunjang gaya hidup dimana terdapat persentase 22% dengan jumlah responden yang memilih sebanyak 7 orang, pilihan terakhir konsumen membeli kopi bermerk tersebut adalah agar dirinya juga menjadi trendi, tidak ketinggalan jaman, dengan persentase 16% dengan jumlah responden 5 orang.
Kesimpulan
Berdasarkan data dan diagram diatas dapat diperoleh
kesimpulan bahwa, konsumen yang mengkonsumsi kopi Janji Jiwa adalah responden
yang memiliki rentang usia 13-20 tahun, mereka memiliki mengkonsumsi kopi Janji
Jiwa karena gaya hidup mengikuti tren baru, serta memiliki pengaruh kepada
responden supaya tubuh menjadi fresh.
Referensi:
https://coffeeland.co.id/apa-itu-kopi/
https://health.kompas.com/read/2020/12/04/080800568/8-manfaat-minum-kopi-di-pagi-hari?page=all
Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021