Di Indonesia saat ini mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, salah satunya adalah munculnya berbagai platform marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Platform-platform tersebut saling bersaing untuk mendapatkan rating yang baik dalam hal kepuasaan pengguna/konsumen terhadap platform-platform tersebut. Sebelumnya marketplace sendiri adalah pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Maka dari itu marketplace dapat dikatakan sebagai cara belanja yang simple dan lebih praktis. Selain itu Di Indonesia platform marketplace cukup terkenal karena kemudahan dan kenyaman dalam pengunaannya, dan juga tentunya sistem pembayarannya juga cukup mudah.
Market place itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu, horizontal dan vertical market place. Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Tokopedia dan Bukalapak masuk ke dalam jenis yang satu ini. Di kedua website/platform tersebut, Anda bisa menemukan banyak barang, mulai dari buku, furniture, makanan, baju, mainan anak, gadget, dan sebagainya. Sedangkan vertical marketplace lebih bersifat spesialis. Marketplace yang dikategorikan sebagai jenis vertical adalah website yang menjual produk dari satu jenis yang sama.
Tujuan
dari riset ini yaitu untuk mengetahui tingkat penggunaan platform
marketplace yang ada. Kemudian, pada riset kali ini menggunakan data
primer, dimana peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner yang
dibagikan kepada responden, lalu setelah terkumpul, peneliti akan
mengolah data untuk mengetahui tingkat penggunaan marketplace yang ada.
Diagram Penggunaan Platform Marketplace dalam Berbelanja Online
Dari diagram mengenai pernyataan tentang penggunaan marketplace, persentase responden yang menggunakan platform marketplace sebagai sarana untuk berbelanja online, yaitu sebesar 80% dan yang tidak menggunakan platform marketplace sebagai sarana untuk berbelanja online, yaitu sebesar 20%
Diagram Platform Marketplace Yang Sering Digunakan
Dari diagram mengenai platform marketplace yang sering digunakan, persentase responden terbesar terdapat pada shopee yaitu sebesar 73,3%. Hal tersebut membuktikan bahwa shopee merupakan platform marketplace yang sangat diminati oleh responden dan responden yang memilih shopee merasa puas dengan platform marketplace. Sedangkan persentase tokopedia sebesar 20%
Diagram Manfaat yang Di Rasakan dengan Adanya Platform Marketplace
Dari diagram diatas menunjukkan bahwa persentase responden sebesar 73,3% merasa bahwa dengan adanya platform market place kegiatan belanja mereka menjadi serba praktis dan mudah. Kemudian 13,3% responden merasa menyatakan bahwa mungkin dengan adanya platform marketplace kegiatan belanja mereka menjadi serba praktis dan mudah. Dan 13,3% menyatakan tidak
Diagram Pendapat mengenai Perbedaan Harga pada Setiap Platform marketplace
Diagram diatas menunjukkan bahwa persentase responden sebesar 73,3% menyatakan bahwa setiap platform market place memiliki perbedaan harga barang yang dijual pada setiap platform marketplace. dan persentase responden sebanyak 26,7% menyatakan bahwa mungkin (bisa jadi) setiap platform marketplace terdapat harga barang yang berbeda.