Banyak hal dapat dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidup sehat manusia, mulai dari olah raga secara teratur, menjaga asupan gizi harian dari makanan dan rutin meminum susu. Susu mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan tulang. Susu UHT (Ultra High Temperature) mengandung nutrisi serupa susu perah segar aslinya. Susu perah yang langsung diperah dari hewan ternak tidak dapat bertahan lama dan rentan untuk membawa bakteri berbahaya untuk tubuh manusia, maka dibuatlah susu UHT yang lebih awet jangka waktu ketahanannya.
Susu UHT adalah sebuah susu perah yang dipanaskan pada suhu 135 hingga 150 derajat selama 3 detik, hal ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri yang terdapat pada susu, bisa juga proses pemanasan susu ini disebut dengan proses sterilisasi.
Saat ini telah beredar banyak sekali merk susu UHT dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengamatan dan meneliti manfaat apa yang diperoleh dari minum susu dan segmentasi perilaku pelanggan. Segmentasi perilaku adalah memahami konsumen tidak hanya dari siapa itu mereka, melainkan produsen lebih untuk mengetahui tingkah laku konsumen terhadap seberapa loyal dan frekuensi pembelian konsumen, serta seberapa tinggi pengetahuan untuk mengkonsumsi suatu barang dan alasan seberapa pentingkah mengonsumsi susu UHT.
Dasar untuk melakukan segmentasi perilaku adalah karakteristik perilaku oleh pembelian konsumen. Contoh variabelnya adalah frekuensi pembelian, loyalitas, ataupun manfaat yang dicari. Berikut adalah empat jenis segmentasi perilaku yaitu; penggunaan (usage), loyalitas, manfaat, dan pengetahuan.
Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat 30 orang responden yang sudah mengisikan kuesioner, berikut diagramnya:
Diagram Status Responden
Dari diagram diatas, dapat dilihat data responden, bahwa responden yang bekerja atau memilki usaha sendiri terdapat 40% sebanyak 12 orang dan yang masih berstatus pelajar terdapat 60% sebanyak 18 orang.
Diagram Usia Responden
Dari diagram diatas, dapat dilihat data usia responden. Pada urutan pertama usia responden didominasi oleh responden yang berumur 20 hingga 25 tahun, pada urutan kedua usia responden didominasi oleh responden berumur 14 hingga 19 tahun, pada urutan ketiga usia responden didominasi oleh responden yang berumur 31 hingga 36 tahun.
Diagram Brand Susu UHT
Berdasarkan data pada diagram diatas, merk susu UHT yang paling sering dibeli dan dikonsumsi oleh responden adalah susu Ultra milk. Ultra milk dibeli serta dikonsumsi oleh 43% sebanyak 13 orang, kemudian merk Greenfields dikonsumsi oleh 23% sebanyak 7 orang, lalu merk Frisian Flag dibeli dan dikonsumsi oleh 17% sebanyak 5 orang, kemudian susu uht merk Indomilk dibeli dan dikonsumsi oleh 10% sebanyak 3 orang dan yang terakhir produk susu uht bermerk Cimory dikonsumsi oleh 2 orang 7%.
Diagram Tingkat Konsumsi
Berdasarkan diagram tingkat konsumsi susu uht diatas, diperoleh data bahwa mayoritas responden mengkonsumsi susu uht (67%, 20 orang) memilih kalau mereka mengonsumsi susu uht 5 hingga 10 kotak dalam jangka waktu satu minggu. Sebanyak 7 orang responden dengan persentase 23% mengkonsumsi lebih dari 15 kotak dalam waktu satu minggu. Dan 3 orang responden dengan persentase 10% mengkonsumsi susu uht kurang dari 5 kotak dalam jangka waktu 1 minggu.
Berikutnya akan ditampilkan data mengenai segmentasi perilaku alasan konsumen mengkonsumsi susu UHT.
Diagram Alasan Konsumsi Susu UHT
Berdasarkan data diatas dapat diketahui bahwa mayoritas responden dengan persentase 50% sebanyak 15 orang, meminum susu karena banyak mengandung kalsium, vitamin dan gizi. Pengetahuan responden akan manfaat dan seberapa penting untuk minum susu sudah mulai tertanam dan diketahui oleh peneliti. Pilihan kedua dengan persentase 27% dan jumlah 8 orang, membeli dan mengkonsumsi susu uht karena produknya lebih terjamin karena diolah dengan menggunakan teknologi canggih. Pilihan ketiga dengan persentase 20% dan jumlah 6 orang responden, mengkonsumsi susu uht karena untuk menjaga kesehatan tubuh dan tulang, kemudian untuk pilihan terakhir dengan persentase 3% dan 1 orang responden memilih jawaban, mengkonsumsi susu uht karena hanya untuk gaya hidup.
Diagram Tingkah Laku & Pemakaian Produk
Berdasarkan data pada diagram diatas, responden ketika akan membeli dan mengkonsumsi susu uht dengan produk tertentu tidak terpengaruh dari bentuk dan kemasan yang bagus, dibuktikan dengan persentase yang rendah yaitu 13% dan jawaban 4 orang responden saja yang memilih. Para responden dalam meminum susu uht juga tidak terpengaruh dari ajakan orang lain (dengan persentase 20% dan jawaban 6 orang) dan juga tidak terlalu terpengaruh oleh karena adanya iklan (dengan persentase 23% dan jawaban 7 orang) melainkan dalam meminum susu uht suatu merk, responden mengaku sadar sendiri akan manfaat yang didapatkan dari produk susu tersebut bagi kesehatan tubuh (mayoritas responden memilih dengan jumlah persentase 44% dan atas jawaban 13 orang responden).
Kesimpulan
Dari beberapa data pada diagram diatas, didapatkan data kesimpulan bahwa, produk susu uht yang paling banyak dibeli dan dikonsumsi oleh pelanggan adalah produk Ultra milk, berdasarkan data yang diperoleh dari responden, rata rata konsumen mengkonsumsi susu uht adalah 5 sampai 10 kotak perminggu. Sebagian besar konsumen mengkonsumsi dan meminum susu karena banyak mengandung kalsium, vitamin dan gizi. Hasilnya mereka memiliki sebuah kesadaran sendiri yang terbangun atas manfaat apa saja yang bisa mereka kembangkan dari pengetahuan dan seberapa pentingnya untuk mengkonsumsi susu. Alhasil para konsumen mengonsumsi susu uht agar tubuh dan tulangnya terjaga kesehatannya. Oleh karena itu produsen para pencipta produk, diharapkan agar tetap mempertahankan kualitas produk dan tetap meningkatkan mutu atas produknya serta menambah variasi rasa.
Referensi:
1. https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://clevertap.com/blog/behavioral-segmentation/&prev=search&pto=aue
2. https://www.tokopedia.com/blog/top-susu-uht-terbaik-hlt/
3. https://cerdasco.com/segmentasi-perilaku/
4. https://www.alodokter.com/manfaat-minum-susu-sebagai-cara-hidup-sehat