Langsung ke konten utama

Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Pompa Air Merk Sanyo

    Kepercayaan terhadap suatu brand sangat memegang peran penting untuk terciptanya loyalitas konsumen terhadap suatu brand tertentu. Brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen, situasi pasar yang semakin kompetitif saat ini semakin meningkat juga persaingan dan peran pemasaran diantara para produsen. Dengan demikian merk tidak hanya sekedar identitas pada sebuah produk saja. Menurut Ferrinadewi (2008 : 150) brand loyalty adalah kepercayaan konsumen kepada sebuah merk, hanya dapat didapatkan bila pemasar dapat mempertahankan dan menciptakan hubungan emosional serta kepercayaan positif kepada konsumen. Kepercayaan yang terus dipelihara akan menghasilkan loyalitas.

    Mengapa penting untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan? Pelanggan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan merk (brand) dalam pasar, loyalitas pelanggan terhadap suatu merk tidak dapat diuji tanpa adanya kepercayaan dan survey dalam melihat produksi pasar, untuk itu tujuan dari penelitian atau riset brand loyalty ini adalah untuk mengetahui bagaimana produsen perlu menciptakan kepercayaan terhadap konsumen akan brand yang telah diciptakannya, sehingga pelanggan akan loyal untuk melakukan pembelian atau penggunaan terhadap suatu merk yang dianggap barangnya itu awet atau bagus.

Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat 31 orang responden yang sudah mengisikan kuesioner. Berikut diagramnya:  

Diagram Jenis Kelamin Responden




Dari data pada tabel diatas, didapatkan responden laki laki sebesar 61,3% sebanyak 19 orang, sedangkan untuk responden perempuan didapatkan 38,7% sebanyak 12 orang.

Diagram Status Responden


Dari diagram diatas, dapat dilihat data persentase responden, bahwa responen yang bekerja atau membuka usaha sendiri terdapat 32,3% dan yang masih pelajar terdapat 67,7%.

Diagram Penggunaan Pompa Air Sanyo

Dari diagram diatas, terdapat persentase penggunaan pompa air merk Sanyo serta orang orang yang mengetahui produk Sanyo tersebut. Dari jumlah persentase responden yang mengetahui dan memakai merk Sanyo terdapat 67,7% sedangkan yang tidak menggunakan pompa air merk Sanyo tersebut jumlahnya 32,3%.

Diagram Pilihan Pelanggan Terhadap Sebuah Merk Pompa Air

Dari diagram diatas dapat dilihat bahwa, kebanyakan pelanggan memilih untuk membeli dan loyal terhadap merk pompa air Sanyo, persentase responden yang memilih produk Sanyo berada diurutan pertama dengan persentase 36,7%, urutan kedua disusul oleh produk Shimizu dengan 29%, diurutan ketiga disusul oleh produk pompa air bermerk Panasonic dengan 12,9%, dan diurutan keempat disusul oleh produk pompa air bermerk national dan Uchida dengan persentase 9,7%. 


Diagram & Skala Perhitungan loyalitas Pelanggan

Skala perhitungan:

1 = 100, 2 = 80, 3 = 60, 4 = 40, 5 = 20, 6 = 0

0  < skor  <  = 50   : loyalitas tidak ada

50 < skor <  = 70   : loyalitas rendah

70 < skor <  = 85   : loyalitas cukup

85 < skor <  = 100 : loyalitas tinggi

 

    Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, pada skala 1-6 dengan pilihan benar sekali tanpa alasan apapun hingga sangat tidak setuju, mayoritas responden memilih jawaban mungkin (ragu ragu) dimana memiliki nilai skala 4 dengan persentase 45,2%. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 4 perhitungannya memiliki skor 40.

Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi 35,5% menjawab dan memilih, kemungkinan akan membeli ulang produk dari merk Sanyo dimasa mendatang dengan nilai 3 dan nilai persentase 60%, dapat disimpulkan perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 60. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 3 perhitungannya memiliki skor 60.

Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi 32,3% menjawab akan selalu berkomitmen untuk selalu menggunakan produk pompa air dengan merk Sanyo, dengan nilai skala 3 dan nilai persentase 60%, dapat disimpulkan perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 60. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 3 perhitungannya memiliki skor 60.


Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, seberapa besar seorang pelanggan akan merekomendasikan produk pompa air merk Sanyo tersebut kepada keluarga atau orang lain, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%, kebanyakan responden memilih skala 4 dengan tingkat persentase 40%, Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 4 perhitungannya memiliki skor 40

Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi 29% menjawab, seandainya ada produk pompa air merk lain yang lebih bagus, beberapa bersedia pindah merk, dengan nilai skala 4 dan nilai persentase 40%, dapat disimpulkan perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 40. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 4 perhitungannya memiliki skor 40.

Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi 32,3% memilih, akan mengaku loyal dan memiliki kepercayaan pada produk dari merk pompa air Sanyo, dengan nilai skala 2 dan nilai persentase 80%. Dapat disimpulkan bahwa perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 80. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 2 perhitungannya memiliki skor 80.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil diagram dan skala pengukuran diatas, didapat hasil perhitungan atas nilai skor total yang dihitung dengan melihat skala

1 = 100, 2 = 80, 3 = 60, 4 = 40, 5 = 20, 6 = 0

dan 

melihat loyalitas berdasarkan range yang telah diberikan

0  < skor  <  = 50   : loyalitas tidak ada

50 < skor <  = 70   : loyalitas rendah

70 < skor <  = 85   : loyalitas cukup

85 < skor <  = 100 : loyalitas tinggi

 perolehan dan penjumlahan skor dibagi banyaknya pertanyaan penilaian

= 40+60+60+40+40+80

= 320 /  6

= 53,333

dari hasil perhitungan skor skala diatas didapatkan kesimpulan loyalitas konsumen (responden yang telah mengisikan kuesioner), tingkat loyalitas pelanggan terhadap merk pompa air Sanyo adalah rendah, karena pada pengukuran yang telah diberikan dalam range, angka 53,333 masuk pada bagian kedua dimana; 50 < skor <  = 70   : loyalitas rendah. 

Jadi tingkat loyalitas konsumen terhadap produk pompa air bermerk Sanyo adalah memiliki loyalitas yang rendah. 



Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021

Referensi: 

Sari, Wahyu Yuli Tri Bodro. DKK. 2010. "PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MERK" dalam Studi S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi. Malang: Universitas Brawijaya. 

Postingan populer dari blog ini

PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA

 PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA      I. PENDAHULUAN   A.      LATAR BELAKANG Minuman adalah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, tanpa minum air manusia akan kehilangan suatu cairan dalam tubuhnya. Salah satu jenis minuman yang sering digemari oleh masyarakat adalah minuman manis. Dari dulu hingga sekarang kepopuleran dan perkembangan minuman manis terus melesat naik, seperti contohnya; milkshake, es cendol, jus dicampur susu, soda gembira dll. Semakin berkembangnya jaman, perkembangan inovasi dalam bidang kuliner terus memunculkan ide baru. Tren pada bidang kuliner terus mengalami kemajuan seiring dengan bergantinya hari. Tren kuliner yang baru saja muncul dan sudah menjadi viral ke seluruh dunia adalah minuman Boba atau Bubble Milk Tea. Bubble tea atau boba adalah minuman yang asal mulanya dari Taiwan, yang dikenal namanya Zenzhu Naicha yang berbahan dasar bola tapioka disertai campuran susu dan...

Pelajar Dengan Rentang Usia 20-25 Tahun Mendominasi Sebagai Konsumen Segmen Pasar Susu Sapi Karunia

  Susu sapi adalah salah satu alternatif minuman yang sehat dan jika dikonsumsi dapat meningkatkan imun serta menjaga kesehatan tubuh. Pada saat kondisi pandemi ini, manusia perlu meningkatkan daya tahan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin serta kalsium, supaya terhindar dari segala penyakit dan segala virus. Susu Karunia adalah susu sapi segar yang diolah dan disajikan dengan aroma buah buahan serta tidak amis aromanya. Susu ini banyak disukai oleh berbagai macam kalangan dalam masyarakat, mulai dari anak anak hingga kalangan lansia. Susu Karunia didirikan oleh seorang laki laki bernama William, perusahaan susu ini berdiri dikota Solo sejak tahun 2000 yang diawali dengan bisnis kecil kecilan dengan modal seadanya, hingga lama lama mempunyai pelanggan tetap dan laris penjualannya. William mengatakan, sebenarnya perusahaan susu ini sudah ada di Kediri sejak tahun 1996 sebelum akhirnya pindah ke Kota Solo pada tahun 2000. Minuman ...

Analisis Produk Minuman Susu UHT Terhadap Manfaat & Perilaku Pelanggan

    Banyak hal dapat dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidup sehat manusia, mulai dari olah raga secara teratur, menjaga asupan gizi harian dari makanan dan rutin meminum susu. Susu mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan tulang. Susu UHT (Ultra High Temperature) mengandung nutrisi serupa susu perah segar aslinya. Susu perah yang langsung diperah dari hewan ternak tidak dapat bertahan lama dan rentan untuk membawa bakteri berbahaya untuk tubuh manusia, maka dibuatlah susu UHT yang lebih awet jangka waktu ketahanannya.  Susu UHT adalah sebuah susu perah yang dipanaskan pada suhu 135 hingga 150 derajat selama 3 detik, hal ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri yang terdapat pada susu, bisa juga proses pemanasan susu ini disebut dengan proses sterilisasi. Saat ini telah beredar banyak sekali merk susu UHT dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pe...

Laporan Riset Pemasaran Tanaman Hias

I. Pendahuluan                   A. Latar Belakang Usaha Agribisnis tanaman hias saat ini sedang berkembang cukup pesat , tanaman hias tidak hanya berperan sebagai pembangunan sektor pertanian, akan tetapi juga berperan sebagai pembangun sektor agrowisata di Indonesia. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan. Tanaman hias sendiri merupakan tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, diantaranya adalah tanaman bunga ( anggrek, mawar, sedap malam, dan kembang sepatu), tanaman berdaun indah ( anglonema, puring, pucuk merah, siprus). Di Indonesia sendiri minat masyarakat pada tanaman hias cenderung meningkat, bahkan pada saat ini tanaman hias dipakai pada acara seremonialdan rumah menjadi koleksi para pengemar tanaman hias. Untuk tanaman hias yang banyak diminati mas...

Country Report Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Iklim Investasi di Sektor Pariwisata...

Suasana pintu masuk destinasi wisata Bukit Sakura Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Sumber: foto sendiri, 2020. Iklim investasi terdiri dari dua fungsi yaitu fungsi inti serta fungsi pendukung, fungsi inti sebagai hal utama dalam sistem investasi yaitu supply-demand dimana saling berinteraksi membentuk pasar. Sedangkan fungsi pendukung ditargetkan supaya memperkuat interaksi supply dan demand agar dapat mengatasi berbagai tantangan iklim usaha seperti aturan perundang-undangan, kelembagaan, pendukung, dan infrastruktur baik fisik maupun non-fisik. Fungsi inti diharapkan dapat menumbuhkan pemanfaatan sumber sumber ekonomi secara optimal, meluasnya kerja sama pada sistem usaha produksi dan terbentuknya klaster ekonomi. Dengan memperkuat pada fungsi pendukung yaitu iklim usaha, maka diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Untuk melaporkan keadaan yang digunakan investasi atau menginvestasikan usaha di suatu daerah, maka dibutu...

TINGKAT PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE

    Di Indonesia saat ini mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, salah satunya adalah munculnya berbagai platform marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Platform-platform tersebut saling bersaing untuk mendapatkan rating yang baik dalam hal kepuasaan pengguna/konsumen terhadap platform-platform tersebut. Sebelumnya marketplace sendiri adalah  pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Maka dari itu marketplace dapat dikatakan sebagai cara belanja yang simple dan lebih praktis. Selain itu Di Indonesia platform marketplace cukup terkenal karena kemudahan dan kenyaman dalam pengunaannya, dan juga tentunya sistem pembayarannya juga cukup mudah.     Market place itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu, horizontal dan vertical market place.  Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Tokopedia dan Bukalapak masuk ke dalam jenis yang satu...

HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BERBELANJA DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

  A.      PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pada jaman globalisasi yang serba ada ini, pola perilaku konsumtif adalah sebuah kenyataan yang kerap kali melanda kehidupan masyarakat. Gaya hidup dan gaya berpakaian manusia sekarang ini cepat sekali mengalami perubahan yang cukup singkat, seperti contohnya dalam hal cara berpenampilan seseorang seringkali berperilaku konsumtif dan sering mengeluarkan biaya yang banyak (mahal) karena tidak lagi untuk tujuan demi mencukupi kebutuhan saja, akantetapi lebih mengarah pada pemenuhan keinginan. Perkembangan kegiatan industri fashion di seluruh belahan bumi terus mengalami perubahan dan peningkatan setiap tahunnya yang diikuti dengan tren mode terbarunya. Dampak dari perkembangan fashion ini otomatis membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti gaya tren fashion terbaru, bahkan sudah bukan hanya menjadi sebuah tren saja melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk tampil stylish dan trendy. Berbelanja adalah suatu kegi...

Observasi Jalan Tol, Mengapa Orang Rela Membayar Mahal Hanya Karena Untuk Melewati Jalan?

       Jalan tol adalah jalanan yang lebar dan panjang yang dikenal dengan sebutan jalan bebas hambatan di Indonesia. jalan ini dibangun dan digunakan manusia karena bisa mempersingkat waktu tempuh untuk menuju suatu tempat yang jauh. Untuk jenis kendaraan yang diijinkan melaju dijalan tol ini adalah kendaraan mobil, bus, truk, dan semua kendaraan bermotor yang minimal mempunyai roda 4. Penggunaan jalan tol tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengendara kendaraan bermotor di Indonesia, jalan ini sudah populer dan terkenal nyaman dan memberikan banyak fasilitas bagi pengendara.      Jalan tol merupakan jalan yang memiliki arti singkatan tax on location, dimana jalan ini adalah jalan semacam freeway, highway dan expressway jika dilihat dari negara lain seperti Amerika, Australia dan Rusia. Jalan tol adalah jalur alternative untuk mempermudah orang dalam berpergian antara suatu kota menuju kota lain, tol adalah sebutan bahasa inggris dari toll dimana...

Pengaruh Pembelian Kopi Janji Jiwa Terhadap Gaya Hidup Konsumen

  Gaya hidup adalah gambaran mengenai tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditujukan dari bagaimana aktivitas seseorang terhadap ketertarikan dan minat yang mereka pikirkan mengenai diri sendiri hingga menimbulkan perbedaan status sosial dari orang lain atau lingkungan melalui symbol symbol yang mereka miliki. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari hari segolongan manusia dalam masyarakat. Kopi adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1600 mdpl, kopi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan dimasyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk. Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan beragamnya nutrisi, seperti; meningkatkan fungi otak, membantu membakar lemak, menjaga kesehatan hati, membantu melawan depresi, dan meningkatkan kapasitas kinerja fisik dimana dapat menghilangkan ngantuk ser...