Kepercayaan terhadap suatu brand sangat memegang peran penting untuk terciptanya loyalitas konsumen terhadap suatu brand tertentu. Brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen, situasi pasar yang semakin kompetitif saat ini semakin meningkat juga persaingan dan peran pemasaran diantara para produsen. Dengan demikian merk tidak hanya sekedar identitas pada sebuah produk saja. Menurut Ferrinadewi (2008 : 150) brand loyalty adalah kepercayaan konsumen kepada sebuah merk, hanya dapat didapatkan bila pemasar dapat mempertahankan dan menciptakan hubungan emosional serta kepercayaan positif kepada konsumen. Kepercayaan yang terus dipelihara akan menghasilkan loyalitas.
Mengapa penting untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan? Pelanggan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan merk (brand) dalam pasar, loyalitas pelanggan terhadap suatu merk tidak dapat diuji tanpa adanya kepercayaan dan survey dalam melihat produksi pasar, untuk itu tujuan dari penelitian atau riset brand loyalty ini adalah untuk mengetahui bagaimana produsen perlu menciptakan kepercayaan terhadap konsumen akan brand yang telah diciptakannya, sehingga pelanggan akan loyal untuk melakukan pembelian atau penggunaan terhadap suatu merk yang dianggap barangnya itu awet atau bagus.
Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat
31 orang responden yang sudah mengisikan kuesioner. Berikut diagramnya:
Diagram Jenis Kelamin Responden
Dari data pada tabel diatas, didapatkan responden laki laki sebesar 61,3% sebanyak 19 orang, sedangkan untuk responden perempuan didapatkan 38,7% sebanyak 12 orang.
Diagram Status Responden
Dari
diagram diatas, dapat dilihat data persentase responden, bahwa responen yang
bekerja atau membuka usaha sendiri terdapat 32,3% dan yang masih pelajar
terdapat 67,7%.
Diagram Penggunaan Pompa Air Sanyo
Dari diagram diatas, terdapat persentase penggunaan pompa air merk Sanyo serta orang orang yang mengetahui produk Sanyo tersebut. Dari jumlah persentase responden yang mengetahui dan memakai merk Sanyo terdapat 67,7% sedangkan yang tidak menggunakan pompa air merk Sanyo tersebut jumlahnya 32,3%.
Diagram Pilihan Pelanggan Terhadap Sebuah Merk Pompa Air
Dari diagram diatas dapat dilihat bahwa, kebanyakan pelanggan memilih untuk membeli dan loyal terhadap merk pompa air Sanyo, persentase responden yang memilih produk Sanyo berada diurutan pertama dengan persentase 36,7%, urutan kedua disusul oleh produk Shimizu dengan 29%, diurutan ketiga disusul oleh produk pompa air bermerk Panasonic dengan 12,9%, dan diurutan keempat disusul oleh produk pompa air bermerk national dan Uchida dengan persentase 9,7%.
Diagram &
Skala Perhitungan loyalitas Pelanggan
Skala perhitungan:
1 = 100, 2 = 80, 3 = 60, 4 = 40, 5 = 20, 6 = 0
0 < skor
< = 50 : loyalitas tidak ada
50 < skor < = 70
: loyalitas rendah
70 < skor < = 85
: loyalitas cukup
85 < skor < = 100 : loyalitas tinggi
Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, pada skala 1-6 dengan pilihan benar sekali tanpa alasan apapun hingga sangat tidak setuju, mayoritas responden memilih jawaban mungkin (ragu ragu) dimana memiliki nilai skala 4 dengan persentase 45,2%. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 4 perhitungannya memiliki skor 40.
Dari
diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6
dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi
35,5% menjawab dan memilih, kemungkinan akan membeli ulang produk dari merk
Sanyo dimasa mendatang dengan nilai 3 dan nilai persentase 60%, dapat
disimpulkan perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 60. Berdasarkan
hasil range penilaian skor diatas, skala 3
perhitungannya memiliki skor 60.
Dari
diagram diatas didapatkan data bahwa, seberapa besar seorang pelanggan akan
merekomendasikan produk pompa air merk Sanyo tersebut kepada keluarga atau
orang lain, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%,
kebanyakan responden memilih skala 4 dengan tingkat persentase 40%, Berdasarkan
hasil range penilaian skor diatas, skala 4
perhitungannya memiliki skor 40.
Dari
diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6
dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi 29%
menjawab, seandainya ada produk pompa air merk lain yang lebih bagus, beberapa
bersedia pindah merk, dengan nilai skala 4 dan nilai persentase 40%, dapat
disimpulkan perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 40. Berdasarkan
hasil range penilaian skor diatas, skala 4
perhitungannya memiliki skor 40.
Dari diagram diatas didapatkan data bahwa, terdapat penilaian dengan skala 1-6 dengan range persentase 0-100%, mayoritas responden dengan pilihan tertinggi 32,3% memilih, akan mengaku loyal dan memiliki kepercayaan pada produk dari merk pompa air Sanyo, dengan nilai skala 2 dan nilai persentase 80%. Dapat disimpulkan bahwa perolehan skor dari pertanyaan ini mendapatkan 80. Berdasarkan hasil range penilaian skor diatas, skala 2 perhitungannya memiliki skor 80.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil diagram dan skala pengukuran diatas, didapat hasil perhitungan atas nilai skor total yang dihitung dengan melihat skala
1 = 100, 2 = 80, 3 = 60, 4 = 40, 5 = 20, 6 = 0
dan
melihat loyalitas berdasarkan range yang telah diberikan
0 < skor < = 50 : loyalitas tidak ada
50 < skor < = 70 : loyalitas rendah
70 < skor < = 85 : loyalitas cukup
85 < skor < = 100 : loyalitas tinggi
perolehan dan penjumlahan skor dibagi banyaknya pertanyaan penilaian
= 40+60+60+40+40+80
= 320 / 6
= 53,333
dari hasil perhitungan skor skala diatas didapatkan kesimpulan loyalitas konsumen (responden yang telah mengisikan kuesioner), tingkat loyalitas pelanggan terhadap merk pompa air Sanyo adalah rendah, karena pada pengukuran yang telah diberikan dalam range, angka 53,333 masuk pada bagian kedua dimana; 50 < skor < = 70 : loyalitas rendah.
Jadi tingkat loyalitas konsumen terhadap produk pompa air bermerk Sanyo adalah memiliki loyalitas yang rendah.
Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021
Referensi:
Sari, Wahyu Yuli Tri Bodro. DKK. 2010. "PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MERK" dalam Studi S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi. Malang: Universitas Brawijaya.