Langsung ke konten utama

Laporan Riset Pemasaran Tanaman Hias

I. Pendahuluan           

       A. Latar Belakang

Usaha Agribisnis tanaman hias saat ini sedang berkembang cukup pesat , tanaman hias tidak hanya berperan sebagai pembangunan sektor pertanian, akan tetapi juga berperan sebagai pembangun sektor agrowisata di Indonesia. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan. Tanaman hias sendiri merupakan tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, diantaranya adalah tanaman bunga ( anggrek, mawar, sedap malam, dan kembang sepatu), tanaman berdaun indah ( anglonema, puring, pucuk merah, siprus).

Di Indonesia sendiri minat masyarakat pada tanaman hias cenderung meningkat, bahkan pada saat ini tanaman hias dipakai pada acara seremonialdan rumah menjadi koleksi para pengemar tanaman hias. Untuk tanaman hias yang banyak diminati masyarakat antara lain , Anggrek, mawar, bonsai, dan tanaman hias lainnya yang berdaun indah. Pada pandemic covid-19 ini banyak masyarakat yang binggung hal apa yang dilakukan ketika berada dirumah dan mereka mulai menyadari bahwa bercocok tanam menjadi hal yang sangat menyenangkan dan mereka memutuskan untuk mencari tanaman hias sebagai koleksi di rumah baik itu didalam rumah maupun di luar rumah.

 

Usaha berjualan tanaman hias masih merupakan peluang usaha populer dalam bidang pertanian. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis tanaman hias ini cukup besar, mengingat pangsa pasar yang sangat luas. Beberapa jenis tanaman hias seperti gelombang cinta, adenium, tanaman dolar,  bonsai , serta masih banyak lagi.untuk harga nya sendiri beragam mulai dari Rp.1.000.000 an sampai Rp.5.000.000 an.  tentu harga ini tidak terlalu mahal mengingat tanaman tersebut sangat bagus untuk ditaruh di ruang tamu atau spot-spot rumah yang biasa tempat kita untuk nongkrong, semenjak pandemi pada tahun 2020 tepatnya pada bulan maret semua aktivitas telah dibatasi oleh pemerintah  dari yang sekolah, kuliah maupun yang bekerja terpaksa harus di rumahkan dengan tujuan agar penyebaran covid-19 tidak meluas ,  bagi para pencinta tanaman hias mereka menggunakan kondisi tersebut untuk berburu tanaman hias untuk pajanga di rumah masing. tidak hanya itu saja semenjak pandemi ini masyarakat mulai melakukan kegiatan untuk bercocok tanam hal tersebut untuk menghindari kebosanan saat berada di rumah.

Keterampilan menjual juga merupakan suatu hal yang penting untuk menarik perhatian perhatian konsumen yang dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli di tempat tersebut. Keterampilan menjual merupakan pengetahuan dan penguasaan untuk melakukan tindakan tertentu sebagai pengetahuan prosedural maupaun tindakan khusus yang mengacu pada keberhasilan penjual. Kelengkapan produk juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan omset penjualan para pedagang kerena dengan kelengkapan produknya maka hal ini bisa menjadi daya Tarik tersendiri dan juga beragamnya sumber penjualan pedagang.

B. Tujuan penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah :

1.      Untuk mengetahui pengaruh keterampilan menjual terhadap omset penjualan padagang tanaman hias di jalan Panjaitan Ketapang (Kalbar).

2.      Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk terhadap omset penjualan pedagang tanaman hias di jalan Panjaitan Ketapang ( Kalbar).

3.      Untuk mengetahui pengaruh keterampilan menjula dan kelengkapan produk terhadap omset penjualan pedagang tanaman hias di jalan Panjaitan Ketapang ( Kalbar).

C. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah

1.      Bagi peneliti, sebagai tambahan pengetahuan dalam memperluas wawasan tentang pengaruh lokasi dan kelengkapan produk terhadap omset penjualan serta pengetahuan sejauh mana Hubungan antara teori yang diperoleh di dalam perkuliahan dengan kondisi nyata dilapangan.

2.      Bagi pedagang, sebagai bahan masukan dan pertimbangan pedagang tanaman hias dalam usaha meningkatkan omset penjualan.

3.      Bagi Universitas Atmajaya Yogyakarta, sebagai tambahan literature perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta di bidang penelitian khususnya mengenai lokasi dan kelengkapan produk yang mempengaruhi omset penjualan.

4.      Bagi peneliti selanjutnya , sebagai sumber informasi referensi tentang pengaruh keterampilan menjual dan kelengkapan produk terhadap omset penjualan dimasa yang akan datang.

 

II. Data yang dikumpulkan

Teknik pengumpulan data merupakan bagian yang penting dalam penelitian yang berhubungan dengan cara-cara peneliti dalam mengumpukan data yang akan digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang diperlukan adalah teknik pengumpulan data yang paling tepat , sehingga benar-benar memperoleh data yang valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian bisnis tanaman hias di jalan panjaitan ketapang antara lian:

a.      ~ Observasi langsung

Observasi adalah teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden ( wawancara dan angket ) namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. Tujan utama observasi ini adalah untuk mengamati tingkah laku manusia sebagai proses penelitian. Teknik observasi yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis observasi non partisipasi, observasi non partisipasi adalah jenis observasi yang tidak menempatkan peneliti sebagai bagaian dari masyarakat yang akan diteliti, teknik observasi ini tidak menuntut peneliti untuk terlibat secara langsung kedalam aktifitas subyek penelitian.

b.      ~ Wawancara

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian wawancara secara mendalam, wawancara sendiri merupakan suatu teknik pengumpulan data untuk mendapatakan informasi yang digali dari informasi secara langsung melalui percakapan dan Tanya jawab. Wawancara dalam penelitian kualitatif sifatnya mendalam karena ingin mengeksploitasi informasi secara holistik dan jelas dari informan.

III.  Analisis data

Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan data maka diadakan suatu analisis untuk mengolah data. Analisi data sendiri merupakan proses pengorganisasian dan mengurutkan data kedalam pola, kategori dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditentukan tema dan dapat dirumuskan secara hipotesis kecil seperti yang telah disarankan pada data.

Analisis data ini dilakukan dengan tujuan agar penyusunan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat ditapsirkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan teknik deskripsi analisis kualitatif dimana peneliti menggambarkan keadaan atau fenomena yang diperoleh dan kemudian dianalisis dalam bentuk kata-kata untuk memperoleh kesimpulan.

IV. Kesimpulan

Berdasarkan dari hasil penelitian tentang Bisnis Tanaman Hias di Jalan Panjaitan Ketapang. Serta uraian yang telah dibuat penulis pada bab-bab sebelumnya antara lain:

1.      Alasan para pedagang memilih profesi usaha tanaman hias di Panjaitan Ketapang adalah karena adanya pengaruh dari para anggota keluarga yang secara turun temurun membuka usaha tanaman hias, pengaruh lingkungan sekitar, dorongan hobi merawat tanaman hias, faktor peluang, dan keuntungan ekonomi menjalankan bisnis tanaman hias yang besar dan prospek usaha tanaman hias yang dapat berjalan lama bukan hanya bersifat musiman.

2.      Pola perilaku usaha para pedagang tanaman hias di Jalan Panjaitan Ketapang adalah:

a.       Mendapatkan modal seperti mengembangkan modal dari orang tua atau menggunakan uang sendiri atau pinjaman dari bank.

b.      Kegiatan usaha : a. memasarkan tanaman hias pada proyek-proyek untuk pembuatan taman dihotel, tempat wisata, dijalan-jalan dan instansi pemerintah serta penyewan tanaman hias, dekorasi. b. distributor yaitu bekerja sama denga distributor dari luar kota dan bekerja sama dengan sesama dengan pedagang tanaman hias di Panjaitan untuk mendapatkan bibit yang sama.

Strategi usaha yaitu mengutamakan pelayanan, menjaga kualitas tanaman, memperbanyak jenis tanaman hias, penataan tempat untuk berjualan harus ditata rapi, menyimpan dan menampung tanaman hias.

 

 

Postingan populer dari blog ini

PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA

 PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA      I. PENDAHULUAN   A.      LATAR BELAKANG Minuman adalah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, tanpa minum air manusia akan kehilangan suatu cairan dalam tubuhnya. Salah satu jenis minuman yang sering digemari oleh masyarakat adalah minuman manis. Dari dulu hingga sekarang kepopuleran dan perkembangan minuman manis terus melesat naik, seperti contohnya; milkshake, es cendol, jus dicampur susu, soda gembira dll. Semakin berkembangnya jaman, perkembangan inovasi dalam bidang kuliner terus memunculkan ide baru. Tren pada bidang kuliner terus mengalami kemajuan seiring dengan bergantinya hari. Tren kuliner yang baru saja muncul dan sudah menjadi viral ke seluruh dunia adalah minuman Boba atau Bubble Milk Tea. Bubble tea atau boba adalah minuman yang asal mulanya dari Taiwan, yang dikenal namanya Zenzhu Naicha yang berbahan dasar bola tapioka disertai campuran susu dan...

Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Pompa Air Merk Sanyo

     Kepercayaan terhadap suatu brand sangat memegang peran penting untuk terciptanya loyalitas konsumen terhadap suatu brand tertentu. Brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen, situasi pasar yang semakin kompetitif saat ini semakin meningkat juga persaingan dan peran pemasaran diantara para produsen. Dengan demikian merk tidak hanya sekedar identitas pada sebuah produk saja. Menurut Ferrinadewi (2008 : 150) brand loyalty adalah kepercayaan konsumen kepada sebuah merk, hanya dapat didapatkan bila pemasar dapat mempertahankan dan menciptakan hubungan emosional serta kepercayaan positif kepada konsumen. Kepercayaan yang terus dipelihara akan menghasilkan loyalitas.      Mengapa penting untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan? Pelanggan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan merk (brand) dalam pasar, loyalitas pelanggan terhadap suatu merk tidak dapat diuji tanpa adanya kepercayaan dan survey dalam melihat p...

Pelajar Dengan Rentang Usia 20-25 Tahun Mendominasi Sebagai Konsumen Segmen Pasar Susu Sapi Karunia

  Susu sapi adalah salah satu alternatif minuman yang sehat dan jika dikonsumsi dapat meningkatkan imun serta menjaga kesehatan tubuh. Pada saat kondisi pandemi ini, manusia perlu meningkatkan daya tahan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin serta kalsium, supaya terhindar dari segala penyakit dan segala virus. Susu Karunia adalah susu sapi segar yang diolah dan disajikan dengan aroma buah buahan serta tidak amis aromanya. Susu ini banyak disukai oleh berbagai macam kalangan dalam masyarakat, mulai dari anak anak hingga kalangan lansia. Susu Karunia didirikan oleh seorang laki laki bernama William, perusahaan susu ini berdiri dikota Solo sejak tahun 2000 yang diawali dengan bisnis kecil kecilan dengan modal seadanya, hingga lama lama mempunyai pelanggan tetap dan laris penjualannya. William mengatakan, sebenarnya perusahaan susu ini sudah ada di Kediri sejak tahun 1996 sebelum akhirnya pindah ke Kota Solo pada tahun 2000. Minuman ...

Analisis Produk Minuman Susu UHT Terhadap Manfaat & Perilaku Pelanggan

    Banyak hal dapat dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidup sehat manusia, mulai dari olah raga secara teratur, menjaga asupan gizi harian dari makanan dan rutin meminum susu. Susu mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan tulang. Susu UHT (Ultra High Temperature) mengandung nutrisi serupa susu perah segar aslinya. Susu perah yang langsung diperah dari hewan ternak tidak dapat bertahan lama dan rentan untuk membawa bakteri berbahaya untuk tubuh manusia, maka dibuatlah susu UHT yang lebih awet jangka waktu ketahanannya.  Susu UHT adalah sebuah susu perah yang dipanaskan pada suhu 135 hingga 150 derajat selama 3 detik, hal ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri yang terdapat pada susu, bisa juga proses pemanasan susu ini disebut dengan proses sterilisasi. Saat ini telah beredar banyak sekali merk susu UHT dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pe...

Country Report Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Iklim Investasi di Sektor Pariwisata...

Suasana pintu masuk destinasi wisata Bukit Sakura Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Sumber: foto sendiri, 2020. Iklim investasi terdiri dari dua fungsi yaitu fungsi inti serta fungsi pendukung, fungsi inti sebagai hal utama dalam sistem investasi yaitu supply-demand dimana saling berinteraksi membentuk pasar. Sedangkan fungsi pendukung ditargetkan supaya memperkuat interaksi supply dan demand agar dapat mengatasi berbagai tantangan iklim usaha seperti aturan perundang-undangan, kelembagaan, pendukung, dan infrastruktur baik fisik maupun non-fisik. Fungsi inti diharapkan dapat menumbuhkan pemanfaatan sumber sumber ekonomi secara optimal, meluasnya kerja sama pada sistem usaha produksi dan terbentuknya klaster ekonomi. Dengan memperkuat pada fungsi pendukung yaitu iklim usaha, maka diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Untuk melaporkan keadaan yang digunakan investasi atau menginvestasikan usaha di suatu daerah, maka dibutu...

TINGKAT PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE

    Di Indonesia saat ini mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, salah satunya adalah munculnya berbagai platform marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Platform-platform tersebut saling bersaing untuk mendapatkan rating yang baik dalam hal kepuasaan pengguna/konsumen terhadap platform-platform tersebut. Sebelumnya marketplace sendiri adalah  pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Maka dari itu marketplace dapat dikatakan sebagai cara belanja yang simple dan lebih praktis. Selain itu Di Indonesia platform marketplace cukup terkenal karena kemudahan dan kenyaman dalam pengunaannya, dan juga tentunya sistem pembayarannya juga cukup mudah.     Market place itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu, horizontal dan vertical market place.  Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Tokopedia dan Bukalapak masuk ke dalam jenis yang satu...

HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BERBELANJA DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

  A.      PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pada jaman globalisasi yang serba ada ini, pola perilaku konsumtif adalah sebuah kenyataan yang kerap kali melanda kehidupan masyarakat. Gaya hidup dan gaya berpakaian manusia sekarang ini cepat sekali mengalami perubahan yang cukup singkat, seperti contohnya dalam hal cara berpenampilan seseorang seringkali berperilaku konsumtif dan sering mengeluarkan biaya yang banyak (mahal) karena tidak lagi untuk tujuan demi mencukupi kebutuhan saja, akantetapi lebih mengarah pada pemenuhan keinginan. Perkembangan kegiatan industri fashion di seluruh belahan bumi terus mengalami perubahan dan peningkatan setiap tahunnya yang diikuti dengan tren mode terbarunya. Dampak dari perkembangan fashion ini otomatis membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti gaya tren fashion terbaru, bahkan sudah bukan hanya menjadi sebuah tren saja melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk tampil stylish dan trendy. Berbelanja adalah suatu kegi...

Observasi Jalan Tol, Mengapa Orang Rela Membayar Mahal Hanya Karena Untuk Melewati Jalan?

       Jalan tol adalah jalanan yang lebar dan panjang yang dikenal dengan sebutan jalan bebas hambatan di Indonesia. jalan ini dibangun dan digunakan manusia karena bisa mempersingkat waktu tempuh untuk menuju suatu tempat yang jauh. Untuk jenis kendaraan yang diijinkan melaju dijalan tol ini adalah kendaraan mobil, bus, truk, dan semua kendaraan bermotor yang minimal mempunyai roda 4. Penggunaan jalan tol tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengendara kendaraan bermotor di Indonesia, jalan ini sudah populer dan terkenal nyaman dan memberikan banyak fasilitas bagi pengendara.      Jalan tol merupakan jalan yang memiliki arti singkatan tax on location, dimana jalan ini adalah jalan semacam freeway, highway dan expressway jika dilihat dari negara lain seperti Amerika, Australia dan Rusia. Jalan tol adalah jalur alternative untuk mempermudah orang dalam berpergian antara suatu kota menuju kota lain, tol adalah sebutan bahasa inggris dari toll dimana...

Pengaruh Pembelian Kopi Janji Jiwa Terhadap Gaya Hidup Konsumen

  Gaya hidup adalah gambaran mengenai tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditujukan dari bagaimana aktivitas seseorang terhadap ketertarikan dan minat yang mereka pikirkan mengenai diri sendiri hingga menimbulkan perbedaan status sosial dari orang lain atau lingkungan melalui symbol symbol yang mereka miliki. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari hari segolongan manusia dalam masyarakat. Kopi adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1600 mdpl, kopi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan dimasyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk. Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan beragamnya nutrisi, seperti; meningkatkan fungi otak, membantu membakar lemak, menjaga kesehatan hati, membantu melawan depresi, dan meningkatkan kapasitas kinerja fisik dimana dapat menghilangkan ngantuk ser...