Langsung ke konten utama

Toko Baju Berkualitas Harga Grosir Termurah, Walaupun Dalam Toko Lumayan Gerah

 

 

Dalam memenuhi kehidupannya, manusia akan selalu berusaha untuk mencukupi segala keperluan hidupnya, salah satunya adalah pakaian. Tidak semua kebutuhan yang lain seperti kebutuhan tersier akan dapat dipenuhi dengan hasil kerja kerasnya membanting tulang, banyak juga yang tidak dapat mencukupi kebutuhan akan sandangannya, hanya sanggup membeli barang yang murah, tidak kuat membeli pakaian dengan harga mahal karena akibat dari kemampuan finansialnya dan keterbatasan akan dana. Kebutuhan sandang sangat diperlukan manusia dalam kehidupan sehari hari, pada jaman sekarang ini, kebutuhan akan sandang tidak hanya digunakan untuk melindungi diri dari panas, dingin dan penyakit, tetapi juga merupakan bagian dari tren atau prestis tersendiri. Ada istilah bahwa “perilaku seseorang akan dinilai dan dilihat oleh orang lain, baik atau buruknya seseorang berdasarkan sandangan yang dipakai, sebab sandang memiliki makna agar dalam menjalani kehidupan, seseorang dapat memantaskan diri dengan mengutamakan perilaku tindak tanduk yang baik. Orang lain pertama kali akan langsung melihat seseorang berdasarkan sandangan yang seseorang itu pakai, pantas (baik) atau tidak pantas (buruk).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengamati gender dan rata rata usia orang yang berkunjung ke gerai toko Phea Shop Klaten. Hal ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pelanggan dan pengusaha pengusaha yang akan membuka usaha bisnis grosir dan eceran baju murah berkualitas, dan melihat gender serta usia konsumen.

PheaShop adalah salah satu toko baju dan accessories termurah di kota Klaten, yang terletak di Jalan Hos Cokroaminoto No. 60 Klaten, Jawa Tengah. Phea Shop adalah toko kecil dipinggir jalan yang menyediakan berbagai macam jenis pakaian menarik seperti; kaos  oblong santai, baju batik, kaos untuk tidur, daster, hingga segala pernak pernik asesoris seperti sepatu anak, sepatu orang dewasa, sprei, dompet, dll. Toko ini menjual barang dagangannya dengan harga murah, bisa menerima penjualan dalam jumlah banyak (grosiran) maupun jumlah sedikit (eceran), selain itu toko ini juga berjualan melalui beberapa marketplace dan menerima jasa titip jual barang (supplier).

Berdasarkan foto diatas, lokasi toko yang diamati oleh peneliti letaknya cukup strategis, berada dipusat kota Klaten dan dipinggir jalan besar, jadi siapa saja dapat megakses lokasi tersebut dan berkunjung ke toko. Pada observasinya di toko Phea Shop baju dan aksesoris murah ini, peneliti mengkhususkan pengamatannya pada gender dan rata rata usia orang yang berkunjung ke gerai toko yang terletak di Jalan Hos Cokroaminoto No. 60, Klaten, tersebut. Berdasarkan pengamatan, mayoritas orang yang berkunjung ke toko tersebut adalah yang memiliki jenis kelamin perempuan.

   

Berdasarkan foto diatas didapatkan data bahwa terdapat tiga orang konsumen (seorang ibu ibu dan dua orang anak remaja perempuan) yang sedang melihat lihat atau sibuk memilih barang pada gantungan dan etalase toko. Ada dua konsumen dengan rentang usia sekitar 14 hingga 19 tahun dan ibu ibu yang terlihat seperti berusia 34 hingga 48 tahun, jadi dapat dikatakan, konsumen yang berkunjung ke toko PheaShop adalah semua kalangan, mulai dari ibu ibu hingga anak remaja. 

 

Pada toko PheaShop, penempatan baju, daster, dan segala asesoris sangat diperhatikan, mulai dari penempatan dan penataan barang barang yang tertata rapi, penempatan promo harga yang terpampang dengan jelas dan label harga tertempel pada setiap produk, sehingga pengunjung dapat melihat kondisi dan harga barang secara langsung. Penataan barang didalam toko tersebut dikelompokkan sesuai dengan jenis barang, untuk produk kaos santai digantungkan disebelah kiri atas toko, untuk daster daster digantungkan dan dipajang dicantolan tengah, sedangkan untuk kebaya dipajang pada sebelah kanan toko, untuk pakain batik dipajang terletak pada toko bagian dalam. 

  

Ketika pengunjung akan memasuki toko, mereka akan disajikan oleh berbagai macam penawaran, mulai dari harga yang terjangkau, banyak promo dan produk yang menarik untuk dibeli, sehingga pengunjung tentunya akan tertarik untuk membeli dan memilih karena berbagai penawaran produk.

Ketika ada konsumen yang meminta bantuan kepada pegawai pelayan toko, untuk mencarikan ukuran yang pas sesuai dengan ukuran tubuhnya atau minta tolong untuk mencarikan motif lain, pegawai toko melayani dengan ramah dan sopan, semua pegawai toko menggunakan seragam batik yang rapi dan berdandan wangi baik pegawai laki laki maupun perempuannya. Seluruh pegawai toko maupun tokonya, dilengkapi fasilitas sesuai dengan protocol kesehatan selama pandemi ini. Pada bagian kasir, disediakan satu buah hand sanitizer dan dipasang plastik untuk pembatas antara pegawai kasir dan customer demi menjaga protocol kesehatan, selain itu para pegawai semuanya juga memakai masker. Pegawai kasir juga melayani pembeli dengan ramah, setiap pelanggan yang akan membayar selalu ditawarin, “membayar melalui kartu kredit atau debit atau cash?” dan selalu setelah transaksi, pembeli selalu dilontarkan kata kata “terima kasih, datang kembali” oleh pegawai kasir.

KESIMPULAN

        Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh observer pada hari Minggu, 29 Mei 2021, pengunjung didominasi oleh kaum wanita, mulai dari konsumen remaja hingga konsumen yang sudah menjadi ibu ibu. Penempatan baju, daster, dan segala asesoris sangat diperhatikan, mulai dari penempatan dan penataan barang barang yang tertata rapi, penempatan promo harga yang terpampang dengan jelas dan label harga tertempel pada setiap produk. Tak lupa juga protokol kesehatan pandemi Covid-19 juga diterapkan didalam toko, disediakan hand sanitizer dan semua pegawai memakai masker, tetapi sayangnya banyak pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak memakai masker.

 
SUMBER DATA >> OBSERVASI >> FOTO SENDIRI >> 2021

REFERENSI:

https://www.simulasikredit.com/pengertian-kebutuhan-primer-vs-sekunder-vs-tersier/

 https://suarabanyumas.com/sandang-pangan-papan-mana-yang-harus-didahulukan/

Postingan populer dari blog ini

PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA

 PENELITIAN PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN BOBA / BUBBLE TEA      I. PENDAHULUAN   A.      LATAR BELAKANG Minuman adalah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, tanpa minum air manusia akan kehilangan suatu cairan dalam tubuhnya. Salah satu jenis minuman yang sering digemari oleh masyarakat adalah minuman manis. Dari dulu hingga sekarang kepopuleran dan perkembangan minuman manis terus melesat naik, seperti contohnya; milkshake, es cendol, jus dicampur susu, soda gembira dll. Semakin berkembangnya jaman, perkembangan inovasi dalam bidang kuliner terus memunculkan ide baru. Tren pada bidang kuliner terus mengalami kemajuan seiring dengan bergantinya hari. Tren kuliner yang baru saja muncul dan sudah menjadi viral ke seluruh dunia adalah minuman Boba atau Bubble Milk Tea. Bubble tea atau boba adalah minuman yang asal mulanya dari Taiwan, yang dikenal namanya Zenzhu Naicha yang berbahan dasar bola tapioka disertai campuran susu dan...

Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Pompa Air Merk Sanyo

     Kepercayaan terhadap suatu brand sangat memegang peran penting untuk terciptanya loyalitas konsumen terhadap suatu brand tertentu. Brand memiliki ikatan emosional istimewa yang tercipta antara konsumen dengan produsen, situasi pasar yang semakin kompetitif saat ini semakin meningkat juga persaingan dan peran pemasaran diantara para produsen. Dengan demikian merk tidak hanya sekedar identitas pada sebuah produk saja. Menurut Ferrinadewi (2008 : 150) brand loyalty adalah kepercayaan konsumen kepada sebuah merk, hanya dapat didapatkan bila pemasar dapat mempertahankan dan menciptakan hubungan emosional serta kepercayaan positif kepada konsumen. Kepercayaan yang terus dipelihara akan menghasilkan loyalitas.      Mengapa penting untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan? Pelanggan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan merk (brand) dalam pasar, loyalitas pelanggan terhadap suatu merk tidak dapat diuji tanpa adanya kepercayaan dan survey dalam melihat p...

Pelajar Dengan Rentang Usia 20-25 Tahun Mendominasi Sebagai Konsumen Segmen Pasar Susu Sapi Karunia

  Susu sapi adalah salah satu alternatif minuman yang sehat dan jika dikonsumsi dapat meningkatkan imun serta menjaga kesehatan tubuh. Pada saat kondisi pandemi ini, manusia perlu meningkatkan daya tahan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin serta kalsium, supaya terhindar dari segala penyakit dan segala virus. Susu Karunia adalah susu sapi segar yang diolah dan disajikan dengan aroma buah buahan serta tidak amis aromanya. Susu ini banyak disukai oleh berbagai macam kalangan dalam masyarakat, mulai dari anak anak hingga kalangan lansia. Susu Karunia didirikan oleh seorang laki laki bernama William, perusahaan susu ini berdiri dikota Solo sejak tahun 2000 yang diawali dengan bisnis kecil kecilan dengan modal seadanya, hingga lama lama mempunyai pelanggan tetap dan laris penjualannya. William mengatakan, sebenarnya perusahaan susu ini sudah ada di Kediri sejak tahun 1996 sebelum akhirnya pindah ke Kota Solo pada tahun 2000. Minuman ...

Analisis Produk Minuman Susu UHT Terhadap Manfaat & Perilaku Pelanggan

    Banyak hal dapat dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidup sehat manusia, mulai dari olah raga secara teratur, menjaga asupan gizi harian dari makanan dan rutin meminum susu. Susu mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan tulang. Susu UHT (Ultra High Temperature) mengandung nutrisi serupa susu perah segar aslinya. Susu perah yang langsung diperah dari hewan ternak tidak dapat bertahan lama dan rentan untuk membawa bakteri berbahaya untuk tubuh manusia, maka dibuatlah susu UHT yang lebih awet jangka waktu ketahanannya.  Susu UHT adalah sebuah susu perah yang dipanaskan pada suhu 135 hingga 150 derajat selama 3 detik, hal ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri yang terdapat pada susu, bisa juga proses pemanasan susu ini disebut dengan proses sterilisasi. Saat ini telah beredar banyak sekali merk susu UHT dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pe...

Laporan Riset Pemasaran Tanaman Hias

I. Pendahuluan                   A. Latar Belakang Usaha Agribisnis tanaman hias saat ini sedang berkembang cukup pesat , tanaman hias tidak hanya berperan sebagai pembangunan sektor pertanian, akan tetapi juga berperan sebagai pembangun sektor agrowisata di Indonesia. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan. Tanaman hias sendiri merupakan tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, diantaranya adalah tanaman bunga ( anggrek, mawar, sedap malam, dan kembang sepatu), tanaman berdaun indah ( anglonema, puring, pucuk merah, siprus). Di Indonesia sendiri minat masyarakat pada tanaman hias cenderung meningkat, bahkan pada saat ini tanaman hias dipakai pada acara seremonialdan rumah menjadi koleksi para pengemar tanaman hias. Untuk tanaman hias yang banyak diminati mas...

Country Report Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Iklim Investasi di Sektor Pariwisata...

Suasana pintu masuk destinasi wisata Bukit Sakura Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Sumber: foto sendiri, 2020. Iklim investasi terdiri dari dua fungsi yaitu fungsi inti serta fungsi pendukung, fungsi inti sebagai hal utama dalam sistem investasi yaitu supply-demand dimana saling berinteraksi membentuk pasar. Sedangkan fungsi pendukung ditargetkan supaya memperkuat interaksi supply dan demand agar dapat mengatasi berbagai tantangan iklim usaha seperti aturan perundang-undangan, kelembagaan, pendukung, dan infrastruktur baik fisik maupun non-fisik. Fungsi inti diharapkan dapat menumbuhkan pemanfaatan sumber sumber ekonomi secara optimal, meluasnya kerja sama pada sistem usaha produksi dan terbentuknya klaster ekonomi. Dengan memperkuat pada fungsi pendukung yaitu iklim usaha, maka diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Untuk melaporkan keadaan yang digunakan investasi atau menginvestasikan usaha di suatu daerah, maka dibutu...

TINGKAT PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE

    Di Indonesia saat ini mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, salah satunya adalah munculnya berbagai platform marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Platform-platform tersebut saling bersaing untuk mendapatkan rating yang baik dalam hal kepuasaan pengguna/konsumen terhadap platform-platform tersebut. Sebelumnya marketplace sendiri adalah  pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Maka dari itu marketplace dapat dikatakan sebagai cara belanja yang simple dan lebih praktis. Selain itu Di Indonesia platform marketplace cukup terkenal karena kemudahan dan kenyaman dalam pengunaannya, dan juga tentunya sistem pembayarannya juga cukup mudah.     Market place itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu, horizontal dan vertical market place.  Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Tokopedia dan Bukalapak masuk ke dalam jenis yang satu...

HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP BERBELANJA DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT

  A.      PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pada jaman globalisasi yang serba ada ini, pola perilaku konsumtif adalah sebuah kenyataan yang kerap kali melanda kehidupan masyarakat. Gaya hidup dan gaya berpakaian manusia sekarang ini cepat sekali mengalami perubahan yang cukup singkat, seperti contohnya dalam hal cara berpenampilan seseorang seringkali berperilaku konsumtif dan sering mengeluarkan biaya yang banyak (mahal) karena tidak lagi untuk tujuan demi mencukupi kebutuhan saja, akantetapi lebih mengarah pada pemenuhan keinginan. Perkembangan kegiatan industri fashion di seluruh belahan bumi terus mengalami perubahan dan peningkatan setiap tahunnya yang diikuti dengan tren mode terbarunya. Dampak dari perkembangan fashion ini otomatis membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti gaya tren fashion terbaru, bahkan sudah bukan hanya menjadi sebuah tren saja melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk tampil stylish dan trendy. Berbelanja adalah suatu kegi...

Observasi Jalan Tol, Mengapa Orang Rela Membayar Mahal Hanya Karena Untuk Melewati Jalan?

       Jalan tol adalah jalanan yang lebar dan panjang yang dikenal dengan sebutan jalan bebas hambatan di Indonesia. jalan ini dibangun dan digunakan manusia karena bisa mempersingkat waktu tempuh untuk menuju suatu tempat yang jauh. Untuk jenis kendaraan yang diijinkan melaju dijalan tol ini adalah kendaraan mobil, bus, truk, dan semua kendaraan bermotor yang minimal mempunyai roda 4. Penggunaan jalan tol tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengendara kendaraan bermotor di Indonesia, jalan ini sudah populer dan terkenal nyaman dan memberikan banyak fasilitas bagi pengendara.      Jalan tol merupakan jalan yang memiliki arti singkatan tax on location, dimana jalan ini adalah jalan semacam freeway, highway dan expressway jika dilihat dari negara lain seperti Amerika, Australia dan Rusia. Jalan tol adalah jalur alternative untuk mempermudah orang dalam berpergian antara suatu kota menuju kota lain, tol adalah sebutan bahasa inggris dari toll dimana...

Pengaruh Pembelian Kopi Janji Jiwa Terhadap Gaya Hidup Konsumen

  Gaya hidup adalah gambaran mengenai tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditujukan dari bagaimana aktivitas seseorang terhadap ketertarikan dan minat yang mereka pikirkan mengenai diri sendiri hingga menimbulkan perbedaan status sosial dari orang lain atau lingkungan melalui symbol symbol yang mereka miliki. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari hari segolongan manusia dalam masyarakat. Kopi adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1600 mdpl, kopi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan dimasyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk. Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan beragamnya nutrisi, seperti; meningkatkan fungi otak, membantu membakar lemak, menjaga kesehatan hati, membantu melawan depresi, dan meningkatkan kapasitas kinerja fisik dimana dapat menghilangkan ngantuk ser...