pendahuluan
Latar belakang
Kepuasan
pelanggan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan barang/ jasa. Pada
perusahaan makanan seperti Indomie, permasalahannya adalah bagaimana perusahaan
dapat meningkatkan kepercayaan merek, loyalitas merek dan ekuitas merek Indomie
melalui kepuasan pelanggan yang tinggi. Dalam penelitian ini dikembangkan
sebuah model penelitian dan enam hipotesis yang telah dirumuskan. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dan data penelitian diperoleh melalui survei
langsung terhadap pelanggan Indomie di beberapa supermarket di Indonesia.
Perkembangan produk mi instan yang telah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mi instan semakin tinggi, sehingga mutu dan kepuasan konsumen harus menjadi tujuan utama para produsen mi instan agar pelanggan tetap loyal pada merek mi instan yang diproduksi. Di Indonesia, perkembangan produksi mi instan memperlihatkan suatu peningkatan yang positif. Ini dapat dilihat dari semakin banyaknya produsen mi instan di Indonesia dan maraknya peredaran merek mi instan di masyarakat. Indomie adalah merek produk mi instan yang sangat popular di Indonesia. Indomie untuk saat ini merupakan pemimpin pasar dalam medan persaingan berbagai produk mi instan di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Indomie sebagai produk mi instan yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Hasil kerja keras Indomie tertuang dengan banyaknya memperoleh penghargaan mulai tahun 2001-2013.
Hasil dan Pembahasan
berdasarkan hasil kegiatan penelitian ini maka didapatkan hasil dan pembahasan penelitian sebagai berikut :
a. jenis kelamin responden
jenis kelamin responden
Frequency
Percent
Valid
Percent
Cumulative
Percent
Valid
pria
15
57.7
57.7
57.7
wanita
11
42.3
42.3
100.0
Total
26
100.0
100.0
dari tabel diatas didapatkan hasil responden laki-laki dan responden perempuan, dimana responden laki-laki frekuensinya lebih besar 57,7 % dari jumlah rata-rata data yakni 100 %. sedangkan data responden yang didapatkan oleh responden perempuan lebih kecil dari data responden laki, data responden perempuan sebesar 42,3 % dari jumlah rata-rata data 100 %.
je