Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan ( AMDK ) yang diproduksi oleh PT AQUA Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia Aqua juga di jual di Singapore, Aqua adalah merek AMDK denagn penjualan terbesar di indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Di Indonesia sendiri terdapat 14 pabrik yang memproduksikan AQUA. Sejak tahun 1998, Aqua sudah di miliki pula oleh perusahaan multinasional dari prancis, Danone, hasil dari pengabungan Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Sebagai
pelopor produk air minum dalam kemasan di Indonesia, AQUA merupakan market leader.
Data-data yang menyangkut AQUA sebagai market leader dapat dilihat di berbagai
lembaga survey dan penghargaan sebagai bahan acuan. Hal-hal yang erkait
menyangkut teknologi pemprosesan, kualitas, sistem promosi, dan pemasaran AQUA
menjadi sebuah kesan yang menarik dan begitu melekat baik di masyarakat.
Misalnya, jika seseorang menyebutkan atau membeli sebuah produk air minum dalam
kemasan akan memiliki kecenderungan untuk menyebut “ AQUA “ meskipun produk air
minum dalam kemasan tersebut merupakan produk lain.
Dalam
hal ini produk AQUA ditunjukan untuk semua wilayah yang ada di Indonesia. Kita
dapat menjumpai produk AQUA ini tidak hanya di perkotaan saja tetapi juga
diperdesaan pun kita tetap bisa menjumpai air minum kemasan AQUA ini. Produk
AQUA ini dapat kita nikmati tidak hanya pada saat musim kemarau saja namun juga
pada musim penghujan juga. Jadi produk AQUA ini selalu ada pada setiap musim,
di Indonesia sendiri produk air minum kemasan merek AQUA juga banyak diminati
oleh masyarakat Indonesia sendiri selain mudah dijumpai harganya pun tergolong
murah mulai dari Rp.2.000 sampai Rp. 3.500.
Berikut diagram jenis kelamin responden yang mencakup 30 responden yang sudah mengisi koesiner berikut di
Aspek Demografi
Dari data jumlah responden diatas, didapatkan jumlah responden, untuk responden laki-laki sebesar 37 % dengan jumlah respondennya sebanyak 10 orang responden laki-laki , sedangkan untuk responden perempuan sebesar 63 % dengan jumlah respondennya sebanyak 20 orang responden perempuan
Dari data diatas
didapatkan usia responden yang telah mengisi koesioner saya, responden yang
berumur 15-20 tahun sebanyak 54 % sedangkan responden yang berumur 20-25 tahun
sebanyak 46 %.
Dari data diagram diatas
pengisi koesioner paling banyak adalah pekerjaan lainnya yang tidak diketahui
pekerjannya dengan presentase 36,1 %, diikuti dengan wiraswasta dengan
presentase 20,6 %, pegawai swasta dengan presentase 18,6 %, petani 12,4 %,
pelajar/ Mahasiswa 7,2 % dan pegawai 5,2 %
Secara spesifik rincian
pendapatan responden adalah sebagai berikut :
< 500 ribu 15
responden
500 ribu – 1 juta 5
responden
1 juta – 2 juta 5
responden
2 juta 3 responden
Kesimpulan
Dari data survey diatas
terhadap konsumen yang suka terhadap minum air kemasan merek Aqua rata-rata kebanyakan
responden yang usiannya 20- 25 tahun dengan rata-rata presentase paling banyak
menyumbangakan suaranya kebanyakan usia muda sedangakan usia tua yang
menyumbangkan suaranya paling sedikit.