I.
Latar belakang
Pada zaman sekarang ini, terjadi era modernisasi dimana semua perubahan/pembaruan terjadi pada teknologi yang ada. Teknologi komunikasi misalnya. Saat ini model dalam teknologi komunikasi sudah cukup canggih, salah satu contohnya adalah mulai beredar model handphone pintar/smartphone. Handphone pintar memiliki 2 jenis yaitu android dan iphone. Minat masyarakat Indonesia untuk membeli handphone pintar cukup tinggi, karena untuk keperluan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia terdapat bebrapa merk smartphone yang cukup terkenal, antara lain: Samsung, vivo, apple, xiaomi, Oppo, dan sebagainya. Kegunaan smartphone cukup penting bagi masyarakat, seperti misalnya untuk bermedia social dan juga untuk mencari informasi melalui teknologi internet. Peluang pasar smartphone di Indonesia saat ini terus berkembang dengan pesat, seiring dengan banyaknya minat masyarakat untuk membeli smartphone. Smartphone memiliki berbagai fitur yang cukup canggih, sehingga cukup mudah dan simple dalam mengoperasikan/penggunaannya. A. Tujuan penelitian. Tujuan dari penelitian ini : a. Untuk mengetahui peluang pasar smartphone b. Untuk mengetahui jumlah pengguna smartphone c. Untuk meneliti tren pasar smartphone d. Untuk mengetahui merk handphone yang paling disukai. B. Manfaat penelitian. Manfaat penelitian ini: a. Memberi informasi mengenai peluang pasar smart phone b. Memberi informasi mengenai merk handphone yang paling disukai. Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Dimana dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan topik berasal dari internet
V.
Display Data
a.
b.
VI.
Analisis data
a. Dari
data yang ditunjukkan pada gambar grafik yang pertama, terdapat merk merk
smartphone yang memiliki persentase market share yang berbeda-beda. Mulai dari
Oppo memiliki persentase sebesar 26,2%, Kemudian Vivo memiliki persentase
sebesar 22,8%. Lalu Samsung memiliki persentase sebesar 19,4%. Dilanjutkan oleh
realme yang memiliki persentase sebesar 12,6% dan Xiaomi sebesar 12,5%. Dari
grafik tersebut telah membuktikan bahwa smartphone bermerk Oppo memiliki
persentase yang lebih besar daripada merk smartphone yang lain. Sedangkan untuk
smartphone bermerk realme dan xiaomi, persentasenya tidak jauh berbeda hanya
selisih 1% saja.
b. Dari
data yang ditunjukkan pada gambar grafik yang kedua. Jumlah pengguna smartphone
di Indonesia meningkat sebesar 92 Juta Orang di tahun 2019. Hal tersebut
membuktikan bahwa sebagian besar orang Indonesia sangat tertarik terhadap
smartphone yang memiliki fitur yang lebih canggih daripada model handphone yang
jadul.
VII.
Kesimpulan
Dari
laporan diatas, dapat disimpulkan bahwa merk Smartphone Oppo memiliki peluang
pasar yang tinggi di Indonesia, karena memiliki nilai persentase market share
paling tinggi dan memiliki tingkat peminat yang cukup tinggi. Kemudian untuk
merk smartphone realme dan xiaomi memiliki persentase yang tidak jauh berbeda
hanya saja memiliki selisih 1%, karena 2 merk tersebut tidak terlalu diminati
oleh orang Indonesia. Sedangkan
smartphone sendiri merupakan teknologi yang paling diminati orang Indonesia,
karena memiliki fitur fitur yang lebih canggih, sehingga memudahkan orang untuk
menggunakannya