Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern pada dunia otomotif. Pabrikan mobil ternama seperti Toyota, Honda, Suzuki, KIA, Mazda, Daihatsu, Mitsubishi dan lainnya juga tidak segan untuk lebih mengembangkan desain produksinya demi kepuasan konsumen pasar mobil di Indonesia. Dengan pertumbuhan otomotif mobil yang cukup pesat di Indonesia, secara tidak langsung juga meningkatkan peminatan masyarakat Indonesia akan pembelian mobil. Banyak pabrikan mobil yang berlomba lomba untuk merubah bentukan mobil demi memperoleh kenyamanan dan keamanan pengguna. Sehingga konsumen tentu akan puas dengan pelayanannya dan mempertimbangkan untuk membeli mobil tertentu sesuai kebutuhan.
Beberapa pabrikan mobil juga bersaing untuk membuat inovasi terbarunya dengan meluncurkan mobil dengan beberapa tipe yang canggih, demi ketangguhan dan style pengemudi, Banyak tipe dari berbagai merek mobil yang dapat diketahui seperti; MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), sedan, pick up, coupe, dan tipe lainnya. Sehingga konsumen tentu akan lebih percaya terhadap suatu merk.
Data yang dikumpulkan dan digunakan pada penelitian kali ini adalah data primer, yang didapat dari hasil penyebaran pertanyaan yang terdapat pada kuesioner, kemudian data tersebut diolah secara sistematis supaya mendapatkan hasil dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kepuasan konsumen terhadap pembelian mobil dan faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membelinya.
Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat 33 orang responden yang
sudah mengisikan kuesioner. Berikut diagramnya:
Dari data di atas, didapatkan responden laki-laki sebesar 69,7%. Sedangkan untuk responden perempuan, didapatkan sebesar 30,3%.
Diagram Penjualan Dengan Minat Pembelian Tertinggi
Pada diagram penjualan diatas, penjualan mobil dengan minat tertinggi dari data yang telah terkumpul dari responden, peringkat pertama diduduki oleh Perusahaan mobil Toyota dengan persentase 60,6%, peringkat kedua diduduki oleh perusahaan mobil Honda dengan jumlah persentase 27,3%, peringkat ketiga diduduki oleh perusahaan mobil Daihatsu dengan jumlah persentase 6,1% dan dibawahnya diduduki oleh dua perusahaan mobil Suzuki, Mitsubishi, Hyundai, Isuzu dan Nissan.
Diagram Alasan Pembelian Mobil
Pada
diagram diatas, alasan responden membeli mobil dan memfavoritkan sebuah merk karena
dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu; urutan pertama dengan persentase
30,3% memilih karena alasan memiliki fitur berlimpah dan keamanan lengkap,
urutan kedua dengan persentase 27,3% memilih karena alasan onderdil suku cadang
yang mudah didapatkan, urutan ketiga dengan persentase 24,2% memilih karena memakai
bahan bakar yang irit, dan diurutan keempat dengan persentase 18,2% memilih
karena alasan desain interior dan eksterior yang keren.
Diagram Pemilihan Tipe Mobil
Dari diagram pemilihan tipe kendaraan diatas, dapat dilihat bahwa adanya perbandingan antara kepuasan konsumen terhadap mobil SUV, MPV, Sedan, Minivan, City car dan Pick up. Persentase kepuasan tipe kendaraan MPV sebanyak 27,3%, penjualan mobil Sedan sebanyak 24,4% , penjualan mobil SUV sebanyak 21,2% , penjualan mobil City car sebanyak 12,1%, penjualan mobil mini van sebanyak 9,1% dan sisanya penjualan mobil pick up sebanyak 6,1%.
Diagram Alasan Kepuasan Membeli Mobil
Dari data diatas mayoritas responden memilih mobil berdasarkan kenyamanan dan kelegaan kabin, hal inilah yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap penjualan mobil di Indonesia, dan minat penjualan mobil tipe MPV paling laku dipasaran Indonesia karena memiliki fungsi serba guna dan kabin luas.
Diagram Kepuasan Pelanggan
Dari diagram diatas, dapat dilihat kesimpulan bahwa mayoritas responden mengaku puas membeli mobil bermerk Toyota.
Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021
Referensi:
1. https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/070200215/10-merek-terlaris-april-2020-mencoba-bertahan-di-tengah-pandemi
2. https://mobilkamu.com/artikel/otomotif/