Indonesia memiliki perkembangan yang cukup menakjubkan pada dunia otomotif. Produk otomotif ternama seperti Honda, Isuzu, KIA, Mazda, Daihatsu, Toyota, VolksWagen dan lainnya juga tidak segan untuk menambah kapasitas produksinya karena besarnya potensi pasar mobil di Indonesia. Dengan pertumbuhan otomotif mobil yang cukup pesat di Indonesia, secara tidak langsung juga meningkatkan pengetahuan warga Indonesia akan otomotif. Banyak tipe dari berbagai merek mobil yang dapat diketahui seperti; MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), sedan, pick up, coupe, dan tipe lainnya. Sehingga konsumen tentu akan mempertimbang tipe mobil terlebih dahulu sesuai kebutuhan.
Terlepas dari jenis tipe yang telah disebutkan, beberapa merek mobil juga bersaing untuk membuat inovasi terbarunya dengan meluncurkan mobil dengan teknologi terkini demi ketangguhan dan kenyamanan pengemudi, seperti teknologi CVT (Continuously Variable Transmission). Berbeda dengan transmisi manual dan otomatis yang dapat dijumpai pada mobil-mobil produksi tahun yang lama, yang memanfaatkan sistem gear jadul, sistem CVT mencoba menciptakan perbandingan putar dengan memanfaatkan sabuk (belt) dan puli. Puli pada CVT ini sangat fleksibel dimana dapat mengurangi ataupun menambah diameternya dan menghasilkan perubahan rasio yang diharapkan. Selain itu pembeli memilih mobil untuk digunakan sehari hari yang nyaman, fitur berlimpah dan dengan suku cadang onderdil yang mudah.
Tujuan dari riset pasar ini adalah untuk mengetahui market size dan market share dari perusahaan perusahaan otomotif di Indonesia, data market size yang ditampilkan meliputi volume penjualan dan nilai penjualan sedangkan dari market sharenya data yang ditampilkan adalah pangsa pasar perusahaan mobil di Indonesia. Diharapkan dengan adanya riset ini; pembeli, penjual dan investor perusahaan dapat mengetahui merk mobil manakah yang penjualannya memiliki peringkat terbaik pada tahun 2020.
Diagram Volume Penjualan
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia telah merilis total penjualan mobil periode Januari hingga Desember 2020. Toyota menunjukkan kemampuan mengisi daftar teratas dengan data wholesales (pabrikan ke dealer) di angka 81.816 unit. Sedangkan secara retail sales (dealer ke konsumen) mencapai 92.965 unit. Perusahaan mobil terlaris urutan kedua adalah Daihatsu, saudara Toyota ini berhasil mencatat angka wholesales 49.774 unit dan retail 53.577 unit. Menyusul diposisi ketiga, perusahaan mobil dengan semboyan The Powers of Dreams (Honda) ini, sukses mendistribusikan mobil sebanyak 38.769 unit secara wholesales dan 40.812 secara retail, perusahaan mobil Honda berhasil mengalahkan urutan posisi dari perusahaan mobil Suzuki berkat penjualan city carnya yaitu Brio. Menyusul dibawah Honda merk terlaris berikutnya adalah Suzuki. Suzuki berhasil mendistribusikan 28.786 unit wholesales dan retail 34.536. Di posisi kelima, perusahaan otomotif berlogo tiga berlian Mitsubishi membukukan angka wholesales 27.932 unit. Sedangkan secara retail Mitsubishi tercatat telah menjual 26.778 unit.
Dari diagram volume penjualan diatas, dapat dilihat data bahwa adanya perbandingan volume penjualan produk Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan lain seterusnya. Urutan tertinggi penjualan dipegang oleh perusahaan Toyota dan volume penjualan terendah dipegang oleh perusahaan mobil asal Korea, Hyundai.
Tabel Nilai Penjualan
Dari data tabel nilai penjualan pada periode Januari hingga Juni 2020, total perhitungan awal bulan Januari hingga pertengahan bulan Juni untuk beberapa perusahaan mobil di Indonesia mempunyai nilai jual sebesar 100,00% dan dengan jumlah unit yang keluar sebesar 259,828 mobil dari beberapa merk.
Pangsa Pasar Mobil Terlaris Di Indonesia
Diagram Nilai Persentase Pangsa Pasar
Sumber: Gaikindo dan IG:@ber.kendara
Berdasarkan data yang didapatkan, maka penjualan produk mobil bermerk Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi dan Nissan merupakan pasar dalam kategori penjualan yang besar. Pangsa pasar perusahaan mobil Indonesia didominasi oleh perusahaan mobil Toyota dibuktikan dengan volume penjualan dan nilai penjualan yang tinggi sehingga mempengaruhi diagram nilai persentase perusahaan Toyota dibandingkan dengan pesaingnya.
Data Tahun 2020
Referensi:
1. https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/070200215/10-merek-terlaris-april-2020-mencoba-bertahan-di-tengah-pandemi
2. https://mobilkamu.com/artikel/otomotif/
3. https://industri.kontan.co.id/news/grup-astra-optimitis-tetap-kuasai-pangsa-pasar-otomotif-tahun-ini
4. https://ayobandung.com/read/2020/07/18/107937/market-share-5-merek-mobil-terlaris-di-indonesia-periode-januari-juni
5. https://communication.binus.ac.id/2019/01/18/perkembangan-otomotif-di-indonesia/