Saat ini, persaingan yang semakin ketat terjadi diantara perusahaan perusahaan otomotif. Semakin banyak produsen mobil yang terlibat didalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasar Indonesia, oleh karena itu banyak perusahaan otomotif meyakini hal yang menjadi kunci utama dalam memenangkan pasar dan persaingan satu produk mobil dengan produk lain adalah kepuasan pelanggan. Seperti yang telah kita ketahui selama ini, industry mobil yang memegang peranan dan menguasai pasar Indonesia adalah pabrikan mobil asal Jepang yakni Toyota. Mengapa Toyota? Toyota merupakan salah satu produsen mobil yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, seperti misalnya menghadirkan pelayanan servis keliling melalui call center, menghadirkan berbagai macam bentuk dan tipe mobil, mulai dari yang kelas premium, sedan, SUV hingga mobil murah (lcgc). Selain itu pelayanan servis mobil Toyota juga melayani 24 jam bengkel siaga, selain itu pengunjung dilayani dengan baik seperti disediakan pelayanan sekelas hotel; seperti diberi ruang tunggu berpenyejuk ruangan, tempat duduk yang memadai, gratis wifi, welcome drink dan disediakan televisi untuk sarana hiburan. Tentunya tidak lupa juga, pelayanan ramah dan prioritas juga diberikan oleh pegawai Toyota kepada konsumen agar konsumen puas.
Data yang dikumpulkan dan digunakan pada penelitian kali ini adalah data primer, yang didapat dari hasil penyebaran pertanyaan yang terdapat pada kuesioner, kemudian data tersebut diolah secara sistematis supaya mendapatkan hasil dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kepuasan konsumen terhadap pembelian mobil Toyota dan faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membelinya.Data ini didapatkan dari jawaban atas pendapat 38 orang responden yang sudah mengisikan kuesioner. Berikut diagramnya:
Dari data di atas, didapatkan responden laki-laki sebesar 71,1%. Sedangkan untuk responden perempuan, didapatkan sebesar 28,9%.
Diagram Status Responden
Dari diagram diatas, dapat dilihat data responden, bahwa reponden yang bekerja terdapat 31,6%, yang pelajar terdapat 60,5%, sedangkan untuk responden yang membuka usaha sendiri sebesar 7,9%.
Diagram Kepuasan Responden Terhadap Produk Toyota
Dari diagram diatas terdapat penilaian kepuasan produk mobil terhadap banyak merk, dapat dilihat kesimpulan, bahwa mayoritas responden mengaku puas membeli mobil bermerk Toyota.
Diagram Minat Responden Terhadap Produk Toyota
Pada diagram minat responden diatas, penjualan mobil tertinggi dari data yang telah terkumpul dari responden, peringkat pertama diduduki oleh Perusahaan mobil Toyota dengan persentase 89,5,6%, peringkat kedua diduduki oleh perusahaan mobil Honda dengan jumlah persentase 81,6%%, peringkat ketiga diduduki oleh perusahaan mobil Daihatsu dengan jumlah persentase 52,6% dan dibawahnya diduduki oleh dua perusahaan mobil Mitsubishi, Suzuki, Hyundai, Nissan dan Isuzu.
Mengapa Responden Mengaku Puas & Memilih Toyota?
Pada diagram diatas, responden puas & memilih produk Toyota karena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu; urutan pertama dengan persentase 31,6% memilih karena alasan memiliki fitur berlimpah dan keamanan lengkap, urutan kedua dengan persentase 26,3% memilih karena alasan onderdil suku cadang yang mudah didapatkan, urutan ketiga dengan persentase 23,7% memilih karena memakai bahan bakar yang irit, dan diurutan keempat dengan persentase 18,4% memilih karena alasan desain interior dan eksterior yang keren.
Diagram Kesimpulan Konsumen Membeli Mobil
Dari data diatas dapat diambil kesimpulan, mayoritas responden yang dimintai pendapat dari kuesioner, mayoritas memilih mobil Toyota karena alasan kenyamanan dan kelegaan kabin, hal inilah yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap penjualan mobil Toyota di Indonesia, dan volume penjualan mobil Toyota paling laku dipasaran Indonesia karena memiliki fungsi serba guna dan keamanan lengkap.
Sumber data >> Responden >> Kuesioner >> Tahun 2021
Referensi:
https://www.dealermobiltoyota.co.id/toyota-brand-otomotif-memuaskan-konsumen/